Cara membuat daftar riwayat hidup untuk pelajar - Dianai's Home

Rabu, 11 Desember 2019

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk pelajar




Mengambil pekerjaan paruh waktu sambil belajar atau sekolah adalah cara yang sering dilakukan banyak orang untuk membantu pemasukan keuangan mereka. Hal tersebut juga merupakan cara yang bagus untuk menambah pengalaman dalam membuat daftar riwayat hidup dan pengalaman kerja Anda. 

Biasanya, seorang HRD atau manager hanya melihat daftar riwayat hidup selama 6 atau 7 detik saja sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda membuat daftar riwayat hidup dengan benar. Pikirkan daftar riwayat hidup Anda sebagai brosur pemasaran diri Anda. Daftar riwayat hidup tersebut harus mencakup siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan untuk perusahaan. Jika hal tersebut ditulis berantakan, maka bisa jadi daftar riwayat hidup Anda tidak dilirik sama sekali

Panduan menulis daftar riwayat hidup

Berikut adalah beberapa panduan tentang hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat menulis daftar riwayat hidup.

Sebenarnya, tidak ada format yang ditetapkan untuk daftar riwayat hidup. Anda dapat mencari contoh tempate daftar riwayat hidup di internet. Disini kami juga akan memberikan cara membuat daftar riwayat hidup untuk pelajar, dan hal apa saja yang harus ada di daftar riwayat hidup. 
  1. Nama
  2. Alamat
  3. Nomor telepon
  4. E-mail
  5. Gelar sarjana
  6. Pengalaman kerja
  7. Minat dan Prestasi

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan riwayat hidup

Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat daftar riwayat hidup, yaitu:
  1. Hindari paragraf panjang. Usahakan hanya  menggunakan point-point yang penting saja. Bayangkan Anda adalah seorang HRD yang sedang membaca tumpukan daftar riwayat hidup, Anda jauh lebih nyaman membaca yang penting-penting nya saja dibandingkan membaca paragraph yang panjang.  Apalagi jika paragraph tersebut mencantumkan informasi yang tidak penting dan tidak dibutuhkan.
  2. Perhatikaan ejaan. harus menghindari terjadi typo dan juga gunakan tanda baca yang sesuai di setiap kalimatnya. Usahakan membuat daftar riwayat hidup serapih mungkin.
  3. Gunakan fot yang menarik. Jangan gunakan font yang umum seperti times new roman dan Calibri. Usahakan gunakan font yang mudah dibaca.
  4. Tuliskan Soft skill yang dimiliki. Point ini berbicara tentang soft skill yang telah Anda kembangkan, yang mungkin Anda pelajari dari kegiatan akademik, ekstra kurikuler, atau pengalaman kerja. Contohnya seperti kerja tim, bekerja di bawah tekanan, memenuhi tenggat waktu, mengelola beban kerja, atau kemampuan untuk bekerja atas inisiatif sendiri.
  5. Daftar pengalaman. Buatlah daftar pengalaman kerja atau pekerjaan paruh waktu yang pernah kalian lakukan. Hal ini bisa juga termasuk Volunteering menjadi sukarelawan dalam suatu kegiatan atau acara.
  6. Kontak. Pastikan Anda memiliki alamat email yang masih aktif dan sesuai
  7. Memiliki beberapa jenis riwayat hidup. Satu daftar riwayat hidup mungkin tidak cukup, Anda mungkin perlu mengubah daftar riwayat hidup untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar. Deskripsi pekerjaan untuk masing-masing pekerjaan yang kalian lamar pasti akan sedikit berbeda seperti spesifikasi orang yang dibutuhkan. Jadi, cobalah dan sesuaikan daftar riwayat hidup Anda untuk masing-masing perusahaan yang kalian lamar. Perubahan-perubahan tersebut mungkin hanya sedikit, kecuali jika Anda melamar pekerjaan di sektor yang berbeda, dalam hal ini Anda mungkin membutuhkan dua daftar riwayat hidup yang sangat berbeda.
  8. Data yang valid. Tuliskan data yang valid pada daftar riwayat hidup anda, jangan melebih-lebihkan apa yang anda tulis pada daftar riwayat hidup anda. 

Yuk coba buat daftar riwayat hidupmu dari sekarang agar saat anda akan melamar pekerjaan, kalian sudah memiliki daftar riwayat hidup!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar