Tips Menjadi Traveler yang Ramah Lingkungan - Dianai's Home

Kamis, 17 Oktober 2019

Tips Menjadi Traveler yang Ramah Lingkungan

sumber: ramalanhijau

Bumi sudah menampung terlalu banyak sampah yang lambat laun akan menjadi bumerang untuk generasi berikutnya. Tanpa disadari, mencemari lingkungan sama halnya dengan membahayakan anak cucu kita di masa depan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menerapkan perilaku ramah lingkungan. Contohnya seperti membawa tas ketika berbelanja, membawa sedotan stainless ketika makan di restoran, dan sebagainya.

Sebelum membahas asiknya menjadi traveler yang ramah lingkungan, yuk kita bahas mengenai manfaat traveling bagi kesehatan dan mental.

Manfaat traveling bagi kesehatan dan mental

sumber: ayohaji.com

1 Menguragi tingkat stres

Sering kita dengar orang bilang "traveling yuk, stres nih gue sama kerjaan" dan sebagainya. Yap, bener banget sih kalau traveling bisa bikin tingkat stres dalam diri berkurang. Bahkan, beberapa orang punya tabungan traveling karen dianggapnya sebagai obat.

Karena menurutnya, dengan traveling maka pikiran akan sedikit lebih santai dan bisa menikmati hidup yang "seharusnya". Meskipun kadang telepon berdering ganggu jadwal cuti liburanmu buat ngomongin kerjaan. Hufffttt terdengar menyebalkan bukan? Tapi salut banget buat kamu yang tetap angkat telepon kerjaan di masa liburan.

2 Mengurangi risiko penyakit tertentu

Beberapa kegiatan saat traveling memerlukan aktifitas fisik seperti berjalan kaki dan lain-lain. Aktifitas fisik yang seperti baik untuk jantung sehingga konon akan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, traveling ke alam bebas juga membuat kita menghirup udara bersih da sejenak libur dari polusi.

3 Menambah rasa percaya diri

Semakin banyak traveling, biasanya kamu akan semakin banyak pengetahuan mengenai tempat tersebut. Bertambahnya wawasan atas pengalamannya sendiri membuat orang merasa percaya diri saat berbincang dengan orang lain.

4 Menambah rasa syukur

Disetiap perjalanan menuju destinasi traveling biasanya akan disuguhkan pemandangan yang tak biasa mengenai kehidupan sosial di masyarakat. Khususnya bagi kamu yang berlibur ke daerah-daerah terpencil.

Sebagian orang juga mengambil rasa syukur aas nikmatnya traveling yang mungkin belum bisa dilakuan orang lain. Traveling juga membuat kita melihat banyak ciptaan Allah yang indah sehingga memunculkan rasa syukur yang lebih dalam.

5 Recovery tubuh dan pikiran

Poin ke-5 ini sering dijadikan alasan utama traveler yang penat akan kesibukannya. Banyak yag merasa bahwa traveling dapat memulihkan mood yang hancur, pikiran yang pusing hingga kebosanan yang haqiqi.
Baca juga: 6 Benda yang Wajib ada di dalam Tas

Tips Menjadi Traveler yang Ramah Lingkungan

sumber: bukalapak.com

Bukan sembarang mencari kepuasan diri, traveler yang ramah juga berarti sudah ikut upaya penyelamatan bumi meskipun hanya dengan perbuatan yang sederhana. Gimana sih tips untuk menjadi traveler yang ramah lingkungan?

1 Menggunakan e-tiket

Tahukah kamu bahwa salah satu efek positif dari kecanggihan teknologi adalah menyelamatkan bumi? Meskipun belum bisa menerapkan paperless dalam kehidupan, menggunakan e-tiket meruapkan saah satu upaya dari pengurangan sampah dan penebangan pohon lho.

Terlihat spele namun efeknya akan terlihat ketika dilakukan secara bersama-sama. Kamu gimana? Sudahkah menggunakan e-tiket dalam perjalanan menuju destinasi liburanmu?

2 Hotel eco-friendly

Seperti namanya, hotel eco-friendly merupakan tempat pengnapan ang ramah lingkungan. Meskipunn jarang terdengar di telinga namun kini kamu dapat dengan mudah mencarinya aplikasi-aplikasi traveling seperti traveloka, dan lain-lain.

3 Menghemat air

Tidak hanya saat traveling, menghemat air juga harus diterapkan sebagai wujud ramah lingkungan. Terutama di musim kemarau panjang, saat kamu mengunjungi suatu tempat yang sedang kemarau panjang, sebaiknya hematlah air sebisa mungkin. Selain ramah lingkungan, menghemat air juga menandakan kamu tidak serakah dan egois.

4 Menggunakan transportasi umum

Banyak dari ita menyadari akan menumpuknya polusi di sekitar tanpa berkaca diri. "Apakah diri ini ikut menyumbangkan polusi?". Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk megurangi polusi, salah satunya dengan menggunakan angkutan umum saat bepergian. Selain menambah polusi, penggunaan kendaraan pribadi juga salah satu timbulnya kemacetan.

5 Mencintai alam

Namanya juga traveler ramah lingkunga, ya harus mencintai alam. Kalau yang mencintai dia sih namanya aku. Eh gimana?

Perilaku mencintai alam saat straveling bisa dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan, memetik tumbuhan tanpa ijin, merusak fasilitas umum seperti mencoret tembok dan lain-lain. Bahkan, kamu bisa mewujudkan rasa cinta kepada alam dengan melakukan gerakan memungut sampah di sekitar tempat travelingmu lho.
Baca juga: 7 Benda yang Harus dibawa saat Traveling di Musim Hujan
Sebagai 'tamu' di tanah orang, kamu juga harus menghormati adat istiadat yang berlaku. Toleransi tinggi diperlukan untuk membuat kamu disenangi warga setempat. Bukan dengan cara mengikuti ritualnya, melainkan dengan tidak mengganggu mereka yang sedang menjalankan kepercayaannya. Selamat Traveling!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar