9 Cara Menghemat Uang dengan Cermat, Irit tapi Nggak Pelit - Dianai's Home

Selasa, 22 Oktober 2019

9 Cara Menghemat Uang dengan Cermat, Irit tapi Nggak Pelit



Sudah menjadi rahasia umum kalau kaum wanita senang berbelanja. Bahkan, ada wanita yang budget belanja bulanannya lebih besar daripada budget menabung. Wah, ini sih sudah memasuki level bahaya dan waspada ya.

Berbelanja kebutuhan dasar memang sebaiknya diprioritaskan, namun ternyata diri ini juga berhak memiliki tabungan untuk mewujudkan impian atau sekadar keinginan di masa yang akan datang. Banyak yang mengeluhkan bahwa pendapatannya tak seberapa dibanding pengeluaran. Untuk mengatasi semuanya, yuk simak cara menghemat uang tapi kebutuhan tetap terpenuhi ala embunpagihari.com.

Cara Menghemat Uang dengan Cermat, Irit tapi nggak Pelit

1 Pisahkan antara uang tabungan dan bulanan

Untuk menghemat uang, yang pertama kali perlu dilakukan yaitu memisahkan antara tabungan dan uang bulanan setelah gajian. Naluri berbelanja yang kadang tidak tertolong biasanya bisa di rem dengan melihat stok uang yang menipis.

Jika uang tabungan sudah dipisah di awal gajian, stok uang belanja akan semakin terbatas dan membuat kita akan merasa lebih hati-hati dalam menggunakannya untuk sebulan kemudian.

2 Berbelanja di pasar tradisional

Sebagaimana yang sebenarnya disadari yakni salah satu kelebihan pasar traditional dalam hal harga. Harga barang di pasar tradisional biasanya jauh leih murah dibanding pasar swalayan dan sebagainya.

Wajar saja, meskipun modalnya sama, namun harga sewa tempat di pasar tradisional biasanya lebih murah dibanding pasar swalayan. Tentu saja hal ini  mempengaruhi harga jual dari produk atau jasa yang diperdagangkan.

3 Membandingkan harga sebelum belanja

Membandingkan harga biasanya dapat dilakukan jika yang kita akan melakukan transaksi online. Ini juga merupakan salah satu kelebihan belanja online dibanding offline. Membandingkan harga dapat membantu menghemat uang lho. Eits tapi harus tetap melihat aspek lain, seperti ongkos kirim dan review pembeli (jika ada).

4 Memanfaatkan fasilitas gratis ongkir dari marketplace


Belanja nline memang sedang digemari masyarakat karena banyak kelebihan yang ditawarkannya. Salah satunya adalah program gratis ongkir yang ada hampir setiap bulannya. Jika ingin memanfaatkan ini, sebaiknya catat momen-momen diadakannya program gratis alias free ongkir agar tidak terlewat.

5 Mengikuti event Harbolnas dan promo lainnya

Penghujung tahun sudah tiba, welcome harbolnas! Ini saat yang ditunggu-tunggu pecinta belanja online di tanah air ya pastinya. Sebab, di momen ini banyak marketplace yang memberikan kejutan dan program yang menarik.

Salah satunya tempat jual beli online Blibli.com yang mengusung tagline Blibli histeria syok! Gimana sih tahapan untuk bisa ikutan event yang satu ini?
  1. Setiap kamu berbelanja di Blibli.com minimal 100 ribu rupiah (tidak berlaku kelipatan) dan mengikuti aktifitas yang direkomendasikan oleh Blibli.com, kamu akan mendapatkan 1 token yang bisa digunakan pada periode Oktober-Desember .  
  2. Token tersebut nantinya bisa digunakan untuk main game capit di aplikasi Blibli.com
  3. Di game tersebut, kamu berkesempaaan memenangkan hadiah (secara random) dengan harga SYOK! 
  4. Setelah itu, kamu diberikan kesempatan waktu selama 24 jam untuk menebus hadiah yang kamu dapatkan  
  5. Mau lebih syok? Kamu bisa ikuti event SUPER SYOK di tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember untuk harga yang lebih syok.
  6. Yuk segera kumpulin tokennya!

6  Jangan terpaku pada brand

Jangan pernah terpaku pada brand untuk produk-produk tertentu seperti detergen, sabun mandi, pengharum ruangan, pembersih lantai, pelicin pakaian dan sebagainya. Untuk produk-produk tersebut, carilah produk dengan harga diskon untuk menghemat uang. Cara menghemat uang yang satu ini bisa diterapkan untuk anak kost juga lho.

7 Jangan berbelanja saat lapar

Konon, lapar merupakan salah satu kondisi emosional yang dapat membuat otak tidak berpikir sebelum bertindak, begitu pula dalam hal belanja. Ini menurut psikolog lho. Dari pendapat tersebut dapat disipulkan bahwa salah satu dampak negatif dari belanja sebelum lapar adalah boros. So, pastikan perut kenyang saat hendak belanja ya.

8 Menggunakan kartu member


Kartu member menjadi salah satu solusi bagi kamu yang ingin berbelanja dengan harga yang lebih murah di swalayan. Beberapa supermarket juga mengadakan free daftar member di event-event tertentu.

9 Berbelanjalah di toko langganan

Selain tidak akan dibohongi masalah harga, toko langganan akan memberikan prioritasnya kepada pelanggan setia. Biasanya, kita juga berkesempatan mendapatkan THR (tunjangan hari raya) saat Idul Fitri tiba. Seru bukan?
Baca juga: Tips Menjadi Traveler yang Ramah Lingkungan
Nah itulah 9 cara menghemat uang dengan cermat, irit tapi nggak pelit ala embunpagihari.com. Berbelanjalah secukupnya sebagai wujud dari pemenuhan kebutuhan dan apresiasi diri. Sesekali kamu juga perlu traveling lho! Yuk sisihkan sebagian uangnya untuk destinasi yang kamu tuju. Stop berbelanja barang yang tidak perlu ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar