Kelebihan Jualan Online di Blibli.com yang Wajib Kamu Tahu! - Dianai's Home

Rabu, 24 Juli 2019

Kelebihan Jualan Online di Blibli.com yang Wajib Kamu Tahu!


 
"Ah ribet.. aku nggak ngerti cara jualan online"
"Aku kan gaptek, nggak ngerti jualan online"

Kalimat di atas merupakan dua diantara banyak alasan seseorang enggan berjualan online. Terlihat ribet dan tak menjanjikan, tenyata banyak orang yang sukses dengan bisnis jualan online lho. Bahkan, toko offline pun sudah merambah pasarnya dan membuka online shop sebagai alternatif penjualannya.

Dilihat dari sisi konsumen, saat ini sudah banyak yang lebih tertarik membeli di online shop daripada di toko offline. Terutama bagi seseorang yang memiliki aktifitas super sibuk dan rumahnya jauh dari tempat perbelanjaan.

Kelebihan Belanja Online yang Harus Diketahui oleh Calon Penjual Online

  • Bisa melihat kualitas dari ulasan atau review yang ditulis oleh pembeli sebelumnya. Semua marketplace menyediakan fasilitas review dan bintang sehingga calon pembeli bisa menjadikannya pertimbangan saat membeli.
  • Banyak promo hingga gratis ongkos kirim. Marketplace sering menyediakan promo dan gratis ongkos kirim saat momen-momen tertentu. Hal ini untuk menarik calon pembeli yang enggan belanja online karena harus membayar ongkir. 
  • Hemat waktu. Customer yang super sibuk cenderung memilih belanja online untuk menghemat waktu dan tenaga. Customer adalah raja bukan? Raja tinggal duduk manis sambil menunggu kedatangan paket barang. 
  • Harga cenderung lebih murah. Tidak perlu menyewa ruko atau kios akan memangkas biaya produksi sehingga harga barag di online shop akan menjadi lebih murah dibanding harga pasaran.
Setidaknya, itulah garis besar mengapa banyak orang yang beralih untuk belanja dan jualan online. Jadi, tunggu apalagi? Yuk jualan online!

Jualan Online di Blibli.com

Kenapa harus Blibli.com?

blibli.com

Banyak Kelebihan dari Jualan di Blibli.com:

  • Keluasan pilihan kategori. Bayaknya pilihan kategori di Blibli.com aan memudahkan pembeli dalam pencarian produk. Hal ini sagat menguntungkan penjual karena bisa fokus pada produk yang akan di jual.
  • Gratis foto produk. Kapan lagi ada yang menawarkan foto produk secara gratis? Segera deh daftarkan produk kamu, jualan di Blibli.com dan nikmati fasilitas yang satu ini.
  • Gratis kemasan. Produkmu rentan pecah? Tenang, Blibli.com akan melindunginya dengan kemasan dan GRATIS! Marketplace mana lagi yang ngasih fasilitas gratis kemasan? 
  • Gratis biaya kirim. Nah ini dia yang ditunggu-tunggu customer. Blibli.com menyediakan gratis ongkir untuk seluruh wilayah di Indonesia lho. Makin banyak produk yang dijual, makin untung bukan?
  • Kemudahan proses pengiriman. Kamu merasa gaptek? nggak perlu khawatirr karena Blibli.com menghadirka kemudahan dalam proses pengiriman.
  • Asuransi pengiriman produk. Sudah mudah prosesnya, berasuransi pula. Kamu jadi tenang akan keamanan produk yang akan dikirim.
  • Layanan merchant care. Kamu bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengatasi kesulitan atau tentang sesuatu yang belum kamu paham selama jualan di Blibli.com
  • Terdepan dalam inovasi in store. Ingin sekaligus jualan offline? Bisa banget! Blibli.com memfasilitasinya dengan sistem pembayaran yang tetap online.

Cara Jualan Online di Bllibli.com


blibli.com

Cara jualan online di blibli.com sangat mudah, penjual hanya perlu melalui empat tahapan, yaitu:

1. Buka Toko
Jika sudah memiliki akun blibli.com, kamu bisa mulai buka toko dengan cara klik jual di blibli.com pada bagian atas desktop (jika menggunakan PC). Setelah itu, kamu bisa klik Daftar Sebagai Penjual (sebelah kiri berwarna orange seperti gambar berikut.

Setelah itu, kamu perlu melakukan 3 tahapan pengisian data diri dan toko sebagai berikut.




 Ikuti petunjuknya, isi kolom-kolom tersebut dengan informasi yang benar. Jangan lupa periksa bagian bulatan merah untuk memastikan proses pendaftaran merchant berjalan lancar.

2 Upload Produk
Setelah mengisi data diri dan toko, kamu sudah bisa mulai untuk upload produk-produk yang akan kamu pasarkan. Jangan lupa mengkategorikan produkmu dengan benar. Kamu juga bisa lho upload produk secara massal. Lebih mudah bukan?

3 Respon Pesanan
Setelah produk sudah terupload, amu hannya perlu menunggu customer datang dan memesan produk yang kamu jual. Pemberitahuannya biasanya melalui sms atau email. Setelah ada pemberitahuan, kamu langusung bisa megirimkan produk yang dipesan.

4 Terima Pembayaran
Setelah barang diterima oleh customer, uang akan masu ke saldo penjualanmu. Setiap seminggu sekali uang tersebut akan otomatis masuk ke dalam rekening yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. Jadi, kamu tidak perlu menarik saldonya secara manual. Wah, praktis ya.

Belum Punya Pengalaman Jualan Online, Apa Solusinya?


Tidak hanya menyediakan wadah bagi penjual untuk memasarkan produk, Blibli.com juga memberikan fasilitas tambahan untuk meningkatkan performa jualan lho. Ada 2 fasilitas tambahan seperti Blibli University dan Komunitas Blibli Seller. Blibli University merupakan fasilitas dari blibli.com bagi penjual atau merchant yang belum berpengalaman. Di dalamnya berisikan tutorial memulai bisnis, video learning berbisnis, hingga artikel mengenai pengembangan bisnis online. 

Selain Blibli University, Blibli juga memiliki Komunitas Blibli Seller yang akan menghubungkan kamu kepada merchant lainnya. Di dalam komunitas ini, kamu bisa sharing pengalaman, bertukar ide dan gagasan, hingga berbagi inspirasi yang tentunya akan membuat bisnismu semakin berkembang.

Semangat berjualan menurun? Pakai cara ini!

Di Blibli.com terdapat banyak kisah inspiratif dari para merchant. Kisah yang pastinya membuat semangatmu kempali terpompa untuk terus menjual produk-produkmu. Semangat ya!
Baca juga:
Belanja Online Vs Offline

Nah, sekarang sudah tahu kan kelebihan jualan online di Blibli.com? Jadi, kapan kamu mau mulai berjualan online di Blibli.com?










Tidak ada komentar:

Posting Komentar