Detox Menyenangkan dengan Infused Water Kurma (Air Nabeez) - Dianai's Home

Selasa, 23 Juli 2019

Detox Menyenangkan dengan Infused Water Kurma (Air Nabeez)



Aktifitas sehari-hari membuat tubuh bersinggungan dengan kotoran dan polusi. Tidak jarang kita pun justru memilih makanan junkfood untuk mencari kepraktisannya atau justru sebagai makanan favorit. Tanpa disadari, kebiasan buruk seperti itulah yang akan membuat racun menumpuk dalam tubuh. Setidaknya tubuh butuh beristirahat dan mengeluarkan racun (detox) secara maksimal. Tidak perlu obat, detox dapat dilakukan dengan mudah dengan melakukan kebiasaan baik tertentu.

Secara umum, detox bermanfaat untuk mengeluarkan racun sehingga kinerja organ penting dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Dengan lancarnya aktifitas organ tubuh, tubuh akan terasa segar dan tidak mudah lelah. Hal ini sangat cocok dilakukan bagi seseorang yang memiliki aktifitas padat sehingga tidak memiliki banyak waktu istirahat.

Cara Detox Alami

sumber: altoastral.com.br

1. Olahraga

Meski hanya memiliki waktu di akhir pekan, sebaiknya berikanlah hak tubuh yang satu ini. Olahraga dapat membuat tubuh merasa fit dan siap menghadapi pekan berikutnya. Proses metabolisme salah satunya melalui keringat, melakukan olahraga akan membuat banyak racun keluar dari tubuh (detox).

2 Mengonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang memiliki banyak nutrisi, salah satunya adalah serat. Serat dapat melancarkan saluran pencernaan sehingga proses metabolisme pun berjalan optimal. Selain dimakan langsung, buah dan sayur dapat dikonsumsi dengan cara dibuat infused water.

Infused Water Kurma (Air Nabeez)

Kenapa harus kurma? Kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, alasan yang paling tepat kenapa aku pilih kurma untuk detox yaitu karena stok kurma melimpah di dalam kulkas. Setelah browsing tentang infused water kurma, aku tertarik dengan satu menu yaitu Infused Water Kurma Jahe dan Kunyit.

Infused Water Kurma Jahe dan Kunyit

Bahan:


  • Air +300 ml dalam wadah tertutup
  • Kurma 3 buah (sudah dihilangkan bijinya)
  • Jahe +2 cm
  • Kunyit 2 ruas jari
Cara membuat
  1. Kupas jahe dan kunyit, cuci lalu diiris-iris tipis
  2. Masukkan kurma, jahe dan kunyit ke dalam air
  3. Tutup rapat wadah
  4. Masukkan ke dalam lemari pendingin selama 6-12 jam
  5. Infused Water kurma jahe dan kunyit siap diminum


Rasa Infused Water Kurma Jahe dan Kunyit

Sejujur-jujurnya, ini merupakan infused water yang enak banget. Kalau biasanya infused water rasanya hambar alias agak tawar, nah minuman ini manis dan enak. Nggak berasa minum infused water lho, hehe. So, buat kamu yang ingin detox tapi nggak suka rasa infused water, coba deh minum infused water yang satu ini. Selain rasanya enak, manfaatnya pun banyak bagi tubuh.

Manfaat Infused Water Kurma Jahe dan Kunyit


Kurma

Kurma basah yang direndam seharian biasa disebut air nabeez. Air nabeez memiliki banyak banfaat bagi tubuh. Bahkan air nabeez ternyata salah satu minuman kesukaan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rosululloh di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” H.R. Muslim (sumber: deerham.com)
Dari Ibnu Abbas Radhiyalahu ‘anhu, ia berkata,”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa , beliaupun menuangnya.” H.R. Muslim. (sumber: almanhaj.or.id)

Air nabeez memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk penderita kolsterol tinggi serta memelihara sistem pencernaan. Selain itu, air nabees juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina.

Jahe

Sudah tidak asing lagi jika jahe kerap kali digunakan seagai bahan tambahan untuk makanan hingga minuman. Selain menambah rasa, jahe juga memiliki manfaat yang luar biasa. Kandungan kromium, magnesium, seng dan beberapa nutrisi lainnya dapat melancarkan sirkulasi darah.
Jahe juga baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke, menetralkan kolesterol, mencegah osteophorosis, hingga memperlambat pertumbuhan sel kanker lho.  

Kunyit

Rempah yang terkenal dengan warna kuningnya ini memiliki banya khasiat. Infused water kunyit dapat menjaga kadar glukosa sehingga baik untuk pasien diabetes, meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.


Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar