Tips Memilih Kluwek Untuk Rawon Daging - Dianai's Home

Minggu, 14 Juli 2019

Tips Memilih Kluwek Untuk Rawon Daging

source: Unileverfoodsolutions.com

Rawon menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat terkenal akan rasanya yang manis, segar, enak dan juga gurih. Pada saat kita berbicara resep rawon daging sapi tersebut, maka pastinya tidak dapat lepas dari salah satu bahan sup rawon daging sapi ini yaitu keluak. Buah yang menjadi penghasil warna hitamnya sup rawon daging sapi tersebut asalnya dari biji di pohon kepayang. 
Bagian yang dijadikan bumbu yaitu daging bijinya, keluak sebenarnya cukup beracun, supaya racunnya hilang, keluak direbus dan difermentasi hingga warnanya berubah dari putih jadi hitam. Untuk Anda yang ingin tahu lebih mendalam mengenai tips tepat memilih kluwek untuk masak rawon daging, Anda bisa langsung simak ulasan di bawah ini. Banyak orang tentu yang ingin tahu jelas mengenai cara jitu memilih kluwek rawon. Terutama bagi mereka yang ingin menyajikan hidangan rawon daging yang terbaik, pastinya harus tahu tips tepat memilih kluwek untuk masak rawon daging. 
Ada salah satu cara jitu memilih kluwek rawon yaitu dengan mengocok keluak tersebut dekat telinga Anda. Tips memilih biji buah keluak yang terbaik yaitu dengan mengetahui dari bunyinya. Jika biji buah keluak tersebut setelah dikocok mengeluarkan bunyi, maka Anda bisa pilih biji buah keluak yang bunyinya lembut, atau tidak nyaring. Kalau biji buah keluak saat dikocok bunyinya nyaring, maka berarti biji buah keluak tersebut keras sehingga nantinya biji buah keluak tersebut akan sulit untuk diolah.
source: hellosehat.com

Tips memilih biji buah keluak lainnya yang paling tepat yang dapat Anda terapkan untuk hasil masakan rawon yang terbaik yaitu dengan menghindari memilih keluak dengan kulit yang sudah keriput/ terlalu kering. Hal tersebut menandakan kalau biji buah keluak tersebut sudah terlalu lama atau agak lama. Lebih baik Anda menghindari biji buah keluak dengan kondisi seperti ini.
Memang selain dari yang di atas, masih ada beberapa lagi tips tepat memilih kluwek untuk masak rawon daging lain yang bisa Anda ketahui kalau ingin menyajikan hidangan rawon daging yang terbaik. Tips penting untuk memilih biji buah keluak selanjutnya yaitu dengan mencicipi biji buah keluak tersebut sedikit saja. Pada umumnya, biji buah keluak ini pahit rasanya memang. Sebelum Anda menggunakan biji buah keluak ini sebagai bumbu masakan rawon, Anda bisa mencicip biji buah keluak tersebut terlebih dulu sedikit saja. Jika memang biji buah keluak tersebut terlalu pahit, maka lebih baik Anda jangan menggunakannya karena biji buah keluak tersebut tentunya sangat bisa berpengaruh pada cita rasa makanan.
Dengan mengetahui cara jitu memilih kluwek rawon di atas, maka tentunya Anda bisa dimudahkan lagi kalau ingin menyajikan hidangan rawon daging yang terbaik. Demikian saja bahasan tentang tips tepat memilih kluwek untuk masak rawon daging. Bagi Anda yang ingin menyajikan hidangan rawon daging yang terbaik, maka Anda harus tahu dulu info di atas. Semoga Anda bisa lebih terbantu dengan info cara jitu memilih kluwek rawon kali ini.
Pada saat Anda ingin mengolah biji buah keluak ini, Anda harus benar-benar menumbuk keluak tersebut dengan memakai lumpang hingga terbelah. Anda lebih baik mengusahakan kulit biji buah keluak yang keras tak retak agar nantinya tidak sulit memisahkan biji buah keluak tersebut dengan isinya. Dengan keluak yang tepat tentunya akan dihasilkan sajian rawon yang lezat.
 Baca juga: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar