Baru Kali ini Kecewa sama Xiaomi! Mi A1 Nggak Bisa Internetan! - Dianai's Home

Minggu, 10 Februari 2019

Baru Kali ini Kecewa sama Xiaomi! Mi A1 Nggak Bisa Internetan!


Beberapa waktu yang lalu pernah review tentang ponsel xiaomi mi A1 dual kamera. Memang asik banget mi A1 ini. Simpel dan nggak banyak aplikasi "sampah"nya. Tapiiiii, ternyata Mi A1 ini berhasil bikin gue patah hari karena sinyalnya tiba-tiba hilang.
Baca juga: Dual Camera Xiaomi Mi A1 Masih Menjadi Andalan

Gini ceritanya, belum lama ini gue ke tempat yang susah sinyal. Yap, Gunungkidul-Yogyakarta. Di desa -dimana gue kunjungi- ini, hanya beberapa provider aja yang bisa digunakan untuk internetan. Gue sih biasa aja, karena cuma satu hari di sana. Sabar aja, itung-itung irit kuota ye kan.
Nah di perjalanan pulang, tiba-tiba sinyal jaringan hilang, tiba-tiba banget. Belum lagi harus pesan gocar dll, akhirnya pakai wifi dari provider tetangga sebelah, huhu. Berharap hanya gangguan sesaat, sabar menanti jaringan balik lagi. Sampai kira-kira satu hari berlalu, barulah tersadar bahwa ternyata itu bukan salah proidernya. o em ji.
Segeralah gue minta maaf sama provider murah gue ini. Terlihat aneh dan munafik ya kalau gue bilang gue nggak panik. Yap, gue panik tapi karena belum sempat cari-cari tahu solusinya, gue sabarin aja dulu. Gangguan Xiaomi Mi A1 ini berhasil bikin gue nggak internetan selama kurang lebih LIMA HARI! Bayangkaaaaannnnnn...

Pengaruh Gangguan Xiaomi Mi A1 terhadap Performa Ponsel

Hilangnya jaringan ditandai denganadanya simbil X kecil di tanda 4G (forji) yang biasa terlihat di barisan notifikasi. Bagi "generasi nunduk" kaya gue ini, nggak ada internet tuh berasa hampaaaa banget. Kira-kira apa yang bikin gue se-selow itu selama 5 hari? 
Jadi gini, Alhamdulillah wa syukurillah meski jaringan hilang dan ngga bisa akses internet, Xiaomi Mi A1 tercinta gue ini masih bisa dipakai untuk aplikasi whatsapp, facebook dan juga masih oke untuk dijadikan hotspot. Alhamdulillah.

 Beberapa cara yang udah gue coba:

  • Bolak-balik alih tipe sinyal 4G-3G-2G dan berharap itu ngaruh, tapi hasilnya NOL.
  • Reboot sampai me-nonaktifkan ponsel (dalam waktu yang cukup lama) juga udah gue lakuin dan lagi-lagi NGGAK ADA HASIL.
  • Lepas pasang kartu provider, btw entah info darimana, tapi yang namanya usaha ya usahain ajalah. haha. Oh ya ini juga masih belum juga membuahkan hasil.
Terakhir dapat info untuk melakukan FACTORY RESET atau mengembalikan ponsel ke kondisi semula (pabrik). "oke akan gue lakuin, tapi gue rasa perlu waktu yang lengang dan panjang. Kenapa? Terlalu banyak foto dan dokumen yang mesti dipindah. O em ji.
Bukan cewek namanya kalau belum punya foto ribuan di ponselnya. Setelah gue rasa punya waktu yang cukup untuk nge-backup data, gue mulailah perjuangan ini. Kira-kira 3ribu foto dan dokumen berhasil gue back up ke laptop.
Meski udah mengecewakan karena jaringannya yang hilang, tapi kusuka Xiaomi Mi A4 ini karena RAM nya cukup longgar untuk menampung foto-foto "sampah" hasil potretan gue. Setelah merasa cukup dan siap kehilangan data yang mungkin terlewat untuk di-back up, akhirnya gue melakukan FACTORY RESET.
Factory Reset Xiaomi Mi A1
Factory Reset Xiaomi Mi A1

Setengah jam kira-kira waktu yang gue butuhkan untuk melakukan factory reset Xiaomi Mi A1 ini. Konon katanya, semakin banyak data yang tersimpan, factory resetnya semakin lama. Deg-degan dan pasrah, ikhlas menerima semua kenyataan. Dengan seluruh kekecewaan pada Xiaomi, gue mulai kembali hidup gue dengan hape -setting-an seperti- baru. 
Bismillah, gue ucap dalam hati. dan ALHAMDULILLAH NORMAL! Yeay, terima kasih Yaa Allah selamat pula dompet gue dari bayang-bayang koko-koko tukang hape.
Jadi, dalam kasus Xiaomi Mi A1 gue ini, satu-satunya jalan keluar ya cuma FACTORY RESET. So, buat kalian yang punya masalah yang sama, silahka dicoba factorry resetnya.
O ya buat yang nemu cara selain factory reset, bisa tolong infoin ya di kolom komentar, thanks. Makin banyak sharing, semakin bermanfaat. See U.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar