Kost dan segala kehidupan di Kota Bogor - Dianai's Home

Senin, 07 Januari 2019

Kost dan segala kehidupan di Kota Bogor


Wilujeng Sumping! *Backsound Sabilulungan
Yeayyyy kali ini kita akan bahas kost-kostan di sekitar Kota Bogor nih guys. Di sini aku akan sharing tentang kost, kehidupan, dan biaya hidup di Kota Bogor dengan berbekal pengalaman ngekost selama kurang lebih 3 tahun di kota hujan ini.

Tahun 2013 alhamdulillah aku diterima di salah satu universitas negeri di Cilebende, Bogor. Kita sebut aja ya nama kampusnya yaitu Diploma Institut Pertanian Bogor yang sekarang sudah ganti nama menjadi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor. Untuk selanjutnya kita sebut Sekolah Vokasi IPB saja. 

Hmm.. karena rumahku di Bekasi dan mengingat perjalanan bekasi Bogor bisa menemupuh waktu 1 jam 45 menit, akhirnya aku memutuskan untuk mengekost. Kebetulan, ada temanku yang juga diterima di Sekolah Vokasi IPB dan berasal dari SMA yang sama denganku. Alhasil kita cari kostan bareng.

Usut punya usut, kakak kelas SMA ku ada yang kuliah di Sekolah Vokasi IPB  ini, cusss langsung kuhubungi dan modus nanyain tentang kostan. Hap, langsung dapat kamar dan satu kost dengan kakak kelasku semasa SMA. Langsung ku jelasin di bawah aja yuk.

1. Kostan

Aku ngekost di wilayah malabar dengan harga 4 juta per tahun (2013). Harga yang cukup murah pada saat itu tentu dengan fasilitas seadanya ya. Nama kost nya Assalamah, bangunan dari tembok, lantai ubin (ada yang keramik, ada yang beralaskan semacam karpet kertas. 

Assalamah ini memiliki kost putra dan putri dengan jalur pintu masuk yang berbeda tentunya. Kamar mandi di luar dan memiliki semacam teras yang sangat luas. Teras ini biasanya digunakan anak kost untuk belajar bareng, sepertinya cukup untuk menampung 50 orang.

Cp kost assalamah 085723131360 (teh Mimi).

Kost Assalamah ini menyatu dengan rumah ibu kost-nya, jadi insyaaAllah aman. Oh ya ibu kost udah meninggal di awal tahun 2017, mohon doanya untuk beliau. Mungkin sekarang kost Assalamah ini diurus oleh anak-anaknya.

Kekurangannya, di kost ini nggak ada dapur, tapi disediakan ruangan bagi yang membawa kompor sendiri. Karena ku nggak punya kompor, paling nebeng ke kompor teman haha.

Malabar memang wilayah kostan. Harga kost di Malabar juga beragam, mulai dari yang murah sekali hingga yang mahal sekali. Keuntungan ngekos di wilayah malabar ini yaitu dekat dengan pedagang-pedagang makanan yang senantiasa menolong perut-perut kelaparan. Selain itu, Malabar juga dekat dengan kampus dan dilewati trayek angkot 05 jurusan BTM-Rancamaya.

Selain malabar, ada juga wilayah yang banyak terdapat kost-kostan seperti lodaya dan bantarjati. Untuk kekurangan di wilayah ke Lodaya, cukup jauh dari trayek angkot, kalau mau naik kendaraan umum harus jalan sekitar 300 meter. 

Kemudian, ada juga wilayah bantarjati yang mengharuskan naik angkot untuk sampai kostan. Di Bantarjati ini cocok bagi mahasiswa yang memiliki kendaraan pribadi. Di bantarjati juga merupakan pusat kuliner yang berhasil bikin perut keroncongan.

Setiap kost dan wilayah memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pilihlah yang sesuai denganmu, baik dari fasilitas maupun budget.

2. Biaya Hidup


  • Makanan

Kalau urusan makan sih biasanya pilihan ya, mau yang mahal dan bergengsi juga banyak kok. Kampus Sekolah Vokasi IPB ini bisa dibilang pusat kota sehingga banyak pula jenis makanan yang tersedia di wilayah ini.

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, banyak juga kok warung makan dengan sistem prasmanan sehingga bisa mengambil porsi yang besar dengan harga terjangkau, haha. Hidup di tanah orang harus pandai mengatur uang, harus tau cara menghemat uang jajan, harus banyak sedekaaahhhh. hihi

Mau kasih tips nih buat teman mahasiswa dan mahasiswi yang mau hemat, kalian bisa berbelanja di ADA MART yang berlokasi di sebrang Masjid Raya Bogor atau di NGESTI yang berada di sebelah terminal Bogor. Semoga bermanfaat.

  • Tarif Angkot

Tarif angkot di Kota Bogor memiliki tarif super hemat, 3500 rupiah saja di masa itu dengan sistem "jauh dekat sama". Kemudian, kalau kamu parkir di depan toko, biasanya ada  hantu-hantu bersembunyi dan muncul ketika kamu selesai parkir, cukup 2000 aja kok. hehe.


  • Fotokopi, Print, etc

Biaya fotokopi dan percetakan di Kota Bogor ini juga bersahabat bangeeettt mengingat masih berada di sekitar kampus dan mahasiswa.


3. Tempat Rekreasi dan Cuci Mata di Kota Bogor

Di Kota Bogor ini cukup banyak dan dekat ke tempat rekreasi. Pilihan rekreasi bisa bernuansa alam dan pusat perbelanjaan.


Bernuansa Alam

  • Kebun Raya Bogor. Jomblo dilarang sendirian ya kesininya. Tempatnya terlalu luas untuk dieksplorasi sendiri. Ajak temen kost dong!! (Jujur ya ku belum pernah kesini dalam rangka main-main cantik, kalau kesini pasti karena agenda dari jurusan atau oganisasi, wkwk)
  • Taman Topi. Kurang cocok buat mahasiswa. Kalau nggak percaya coba aja. Lokasi di sebalah Stasiun Bogor
  • SKI (Sumber Karya Indah) Katulampa. Wisata keluarga, tapi masih cocok buat ngadem sama temen-temen. Ada beberapa wahana yang bisa dinaiki orang dewasa.
  • Istana Negara. Pernah satu kali ke sini karena Istana Negara lagi Open House. Sangat luas, adem, dan tenang (kalau punya uang).
  • Taman Sempur. Minggu pagi cuma beres-beres kost aja? Duh... yuk lari pagi di sempur. Sambil berolahraga, kamu juga bisa menikmati banyak jajanan, dan senyuman. Barangkali ketemu jodoh di jalan:)

Pusat Perbelanjaan

  • Bogor Trade Mall (BTM). Pasar swalayan yang menyerupai pasar tradisional karena masih bisa tawar menawar, tiket bioskop masih tergolong murah.
  • Botani Square. High Class, tapi "Giant"-nya sering banyak diskon.Tersedia wahana bermain Fun Word. Masjidnya kurang nyaman untuk sekelas Botani Square karena agak pengap. hehehe
  • Warung Jambu. Tempat servis handphone, laptop dan elektronik lain, ada wahana bermain zona 2000. Mushola kurang nyaman karena tempat wudhunya bercampur
  • Lippo Plaza Keboen Raya. Belum pernah kesini karena baru selesai dibangun setelah ku lulus
  • Kampung Arab. Kampung Arab ini konon 'katanya' jual jajanan dan oleh-oleh khas Saudi Arabia, perlengkapan haji dan lain-lain
  • Pasar Anyar. Murah meriahhhhhh, ada toko kimia (kali aja ada mahasiswa yang habis pecahin alat laboratorium (kaya aku dulu)). hehehehe
  • Pasar Bogor. Cocok buat anak jurusan Gizi, jaminan mutu pangan, (juga anak Kost yang rajin masak) yang mau belanja bahan pangan. Suasananya tradisional banget. Tersedia juga toko kimia

4. Rumah sakit di sekitar Kota Bogor 

  • RS. PMI
  • RS. Azra
  • RSJ. Marzuki Mahdi
  • RS. Salak
Oh ya bagi mahasiswa/i Sekolah Vokasi IPB, jika sakitnya tidak terlalu parah bisa memanfaatkan klinik dari institusi (KLINIK IPB) yang letaknya berada di lodaya dan baranangsiang. Bagi yang sedang praktikum di IPB Dramaga juga bisa berobat di sana kok (pengalaman pribadi). Jaga kesehatanmu ya sobat rantau!

Baca juga:
Liburan Singkat Dari Bogor ke Wisata Pantai Pasir Putih - Lampung

Di kota bogor ini juga sangat banyak tempat makan dan penginapan. Nah, gimana nih, sudah siap jadi anak Bogor? Yuk jadi urang Bogor! Siap-siap Bogoh Ka Bogor! (dalam bahasa sunda artinya Cinta Bogor). Semoga infonya bermanfaat!


*Note: Bagi kamu yang mau tambahin informasi menarik dan terkini tentang Bogor boleh lho share di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar