Dual Camera Xiaomi Mi A1 Masih Menjadi Andalan - Dianai's Home

Jumat, 07 Desember 2018

Dual Camera Xiaomi Mi A1 Masih Menjadi Andalan


droidlime.com

Meskipun sudah release lebih dari setahun, ponsel Xiaomi Mi A1 masih bisa menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki ponsel kualitas mumpuni dengan harga terjangkau. Dipasaran, Xiaomi Mi A1 ini biasanya hanya tersedia dalam tiga warna yaitu hitam, gold, dan rose gold. Saya pribadi lebih menyukai rose gold karena lebih terlihat feminim dibanding warna lain. Warna hitam Xiaomi Mi A1 membuat ponsel terkesan elegan.

Sedangkan Mi A1 warna gold membuat kesan mewah dan glamor.  Namun, hal ini kembali lagi dengan selera calon pengguna. Seperti produk Xiaomi pada umumnya, Mi A1 ini tidak tersedia handsfree di dalamnya. Namun, charger sudah tidak memerlukan sambungan sehingga lebih praktis.

priceprice.com


Sistem Operasi

Belakangan ini, pengguna Xiaomi banyak mengeluhkan sistem MIUI. Ponsel dengan seri Android One yang satu ini tidak mengadopsi MIUI, melainkan sistem operasi  dibuat oleh Google (stock android). Sehingga, pecinta xiaomi yang telah patah hati terhadap MIUI sudah tidak memiliki alasan lagi untuk meninggalkan ponsel keluaran Xiaomi. Sebagai ponsel dengan stock Android, aplikasi bawaan Mi A1 bisa dibilang minim bloatware. Di dalamnya, aplikasi yang terdapat hanyalah aplikasi standar dari Google.

Kamera

Terlebih bagi pecinta fotografi. Fitur dual kamera yang dimiliki Xiaomi Mi A1 ini menjadi aspek yang diunggulkan oleh Xiaomi terhadap ponsel yang satu ini. Kamera yang digunakan  Mi A1 merupakan dual kamera normal-tele (atau biasa disebut wide-tele) dengan resolusi yang cukup mumpuni yakni 12 MP. Kamera Mi A1 juga mampu melakukan hingga 2x Optical Zoom dan 10x untuk Digital Zoom.

Adanya konfigurasi kamera utama ganda atau dual kamera ini yang membuat Mi A1 disebut setara dengan ponsel iPhone 7 Plus dalam hal bidikan kamera, waw. Dua lensa kamera utama ang dimiliki ponsel ini mampu menciptakan efek bokeh dalam fitur yang bernama "Depth Effect". Depth Effect mampu memudarkan latar belakang objek sehingga mirip dengan foto hasil bidikan kamera DSLR.




Foto hasil bidikan Mi A1 tampak memiliki detail yang baik, kontras dan warna juga terkesan baik (hampir sama dengan keadaan aslinya). Kombinasi warna begitu jelas dan natural, efek bokeh pada belakang objek pun tampak halus pada garis batasan dan menyatu dengan objek.Terlebih dalam pengguaan lensa tele pada mode portrait, hasil bidikan pun terlihat layaknya fotografer profesional. Pada mode portrait ini sebaiknya bisa digunakan untuk memotret objek dengan jarak 2 meter, dan fitur ini akan secara otomatis mendeteksi area fokus dan area yang blur pada backgorund.





Dalam kondisi terang, cropping area fokus dan blur terlihat lebih akurat dan jelas. Namun, pengaturan ini autmatis, artinya pengguna tidak dapat dengan leluasa mengatur secara manual area yang ingin di fokus-kan atau di blur.
dual kamera dengan cahaya kurang

Kelemahannya, fitur ini belum mendukung untuk memotret dengan keadaan kurang cahaya. Dalam kondisi kurang cahaya, hasil bidikan kamera Mi A1 masih jauh dari ekspektasi (bila dibandingkan dengan ponsel flagship). Sensor bukaan F/2.2 yang dimilikinya belum cukup untuk mengkondisikan cahaya pada gambar dengan baik. Sehingga, gambar tampak kurang memuaskan karena detail objek terlihat tidak terlihat dengan jelas.

Mi A1 Kamera standar

Mi A1 Kamera standar

Kamera Mi A1 agak memaksakan eksposure dalam kondisi gelap serta noise reduction yang berlebih sehingga detail foto menjadi terganggu. Untuk mode tele dalam kondisi gelap, kamera Mi A1bisa dibilang masih kurang memuaskan. Namun untuk kondisi terang dan pencahayaan yang cukup, Mi A1 ini dapat diacungi jempol baik mode dual kamera maupun mode standar.

Dari segi kamera depan, hasil bidikan selfie masih terlihat standar namun tidak mengecewakan. Resolusi yang digunakan kamera depan yaitu 5 mp. Terdapat efek beauty sebagai pemanis dan penyempurnaan dengan hasil efek yang tidak berlebihan pada hasil foto.

Spesifikasi lainnya

Mi A1 ini memiliki layar IPS 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1.920 x 1.080 yang dilindungi dengan layar pelindung Gorilla Glass 3. Prosesor yang digunakan yaitu  SoC Snapdragon 625 MSM8953 2 GHz (Octa-Core 2,0 GHz ARM Cortex A53 + GPU Adreno 506). Ponsel ini juga memilki fitur bluetooth, Wi-Fi, GPS, Miracast, Google Assitant serta penyaringan panggilan masuk. Bobot ponsel 165 gram serta memilki dimensi 155,4 x 75,8 x 7,3 mm.

Selain itu, Mi A1 didukung USB On-the-Go (USB OTG) itu menggunakan konektor charger USB tipe C. Kapasitas penyimpanan lebih dari cukup yakni RAM yang berkapasitas 4 GB serta internal storage 64 GB. Kapasitas ini sudah lebih dari cukup untuk menyimpan dokumen-dokumen tanpa perlu tambahan memori eksternal (SD Card).

Tidak cukup sampai disitu, Androidone pada Mi A1 memungkinkan untuk melakukan split screen. Caranya mudah, yaitu hanya dengan membuka aplikasi yang ingin dibuka bersamaan dengan aplikasi lain, kemudian tekan dan tahan tombol recent app. Nah, sekarang dua aplikasi sudah bisa dibuka secara bersamaan.

Dalam hal antilagging pun cukup oke, ponsel belum pernah lag saat digunakan untuk bermain game PUBG. Namun, jika permainan overtime dan mengakibatkan suhu ponsel tinggi, sebaiknya hentikan pemakaian lalu istirahatkan di lantai untuk menurunkan suhu serta mencegah lag pada ponsel.

Ponsel ini memiliki dua slot pilihan untuk sim card. bisa diguakan unuk dua sim card nano tanpa micro SD Card, atau satu untuk nano sim dan satunya untuk micro SD card. Sayangnya, Mi A1 tidak terdapat fitur perekam suara saat menerima telepon sehingga tidak bisa merekam momen atau kasus penting via telepon seperti telepon penipuan. Kekurangan lainnya yaitu tidak dapat menyimpan hasil screenshoot melainkan (hasil screenshoot) harus langsung dishare.

Sampai penghujung tahun 2018, masih cukup banyak calon pengguna yang mengincar produk ini. Mungin karena tergiur oleh testimoni dari para pengguna, ataupun karena harganya yang sudah turun dibanding harga pertama launching. Bagaimana denganmu, masihkah dual kamera Xiaomi Mi A1 menjadi andalanmu?