Semangat Masyarakat Kampung Berseri Astra Kemuning -Yogyakarta - Dianai's Home

Senin, 26 November 2018

Semangat Masyarakat Kampung Berseri Astra Kemuning -Yogyakarta


PT. Astra InternationalTbk. Semakin serius memberikan kontribusi sosialnya guna meningkatkan kesejahteraan hidup di berbagai wilayah di Indonesia. Kampung Berseri Astra merupakan salah satu bentuk kontribusi sosial yang diberikan kepada 77 wilayah yang tersebar dari sabang sampai merauke.
Terdapat empat pilar yang menjadi prioitas PT. Astra International Tbk. Dalam hal ini meliputi kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan (UKMK). Tentunya jika keempat pilar ini terealisasi dengan baik akan memperbaiki kesejahteraan hidup mayarakat setempat.
Rencananya, akan ada 300 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 100 kabupaten se-Indonesia. Program ini merupakan program jangka panjang. Seluruh Kampung Berseri Astra akan dibina melalui program kesehatan, lingkungan dan pendidikan. Dengan demikian, PT. Astra berharap akan Kampung Berseri Astra akan menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas, bersih, dan produktif.
Wilayah Kampung Berseri Astra akan dipilih melalui seleksi dan perimbangan yang cukup matang. Seperti halnya pada Kampung Berseri (KBA) Kemuning yang tepatnya berada di Kelurahan kemuning, Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Diperlukan waktu selama tiga tahun untuk memutuskan Kemuning sebagai Kampung Berseri Astra.
Jika kita perhatikan, banyak aspek yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan bertamasya. Salah satunya Telaga Kemuning yang sudah berhasil mendapatkan daya tarik dari para wisatawan, khususnya para bikers di Yogyakarta. Kontur jalan bervariasi tentu menjadi tantangan bagi para bikers. Selain itu, rute menuju kampung Kemuning juga  penuh tanjakan sehingga memicu semangat bikers utuk mengunjuginya.

Bisa dibayangkan jika Telaga Kemuning dikelola dan memiliki fasilitas tambahan yang mendukung untuk dijadikan objek wisata pasti akan lebih menarik. Selain para bikers, ternyata keberadaan telaga kemuning juga mengundang rasa penasaran para pemancing dari berbagai daerah. Di telaga Kemuning disebar benih ikan, dan diberlakukan gratis memancing untuk waktu-waktu atau event tertentu. Sangat menarik bukan?

Empat Pilar Program KBA Kemuning

Pilar Kesehatan KBA Kemuning

Dari sektor kesehatan, setiap Kampung Berseri Astra diwajibkan peka terhadap kesehatan masyarakat sekitar. Hal ini juga mendapatkan tanggapan positif dan serius oleh masyarakat Kampung Berseri Astra Kemuning. Kesehatan masyarakat merupakan aspek utama yang akan mempengaruhi kemajuan dan pelaksanaan pilar lainnya. Sebab, kesehatan jasmani masyarakat akan menunjang aktifitas lainnya.
Pada setiap bulannya, warga Kampung Berseri Astra Kemuning berkumpul di pendopo yang telah disediakan untuk menimbang berat badan balitanya. Sebuah program yang memang perlu dilakukan untuk mewujudkan kampung yang sehat. 
Selain menimbang balita, di pendopo tersebut diselenggarakan penyuluhan kesehatan dan kegiatan lainnya yang menunjang kesehatan masyarakat. Program ini diisi oleh pihak yang telah ditunjuk oleh PT. Astra (biasanya didatangkan dokter muda atau mahasiswa dari Universitas Gajah Mada). Dengan demikian, Kampung Berseri Astra diharapkan dapat meningkatkan kepekaan warga terhadap kesehatannya dan menjadi masyarakat yang sehat.

Pilar Kewirausahaan KBA Kemuning

Pada sektor Kewirausahaan (UMKM), PT. Astra secara aktif membuat program untuk masyarakat yang tujuanya adalah kesadaran masyarakat akan kekayaan hasil bumi. Di Gunungkidul, khususnya Kemuning merupakan pusatnya tanaman singkong sehingga segala macam olahan dari singkong diciptakan di Kampung Berseri Astra Kemuning ini. 

Meskipun pembelinya belum banyak, dapat disadari bahwa peningkatan produksi UMKM dapat meningkatkan perekonomian serta memicu semangat masyarakat kampung kemuning.

Pilar Pendidikan KBA Kemuning

Dari sektor pendidikan, di Kampung Kemuning ini sudah tersedia sekolah PAUD. Di sekolah PAUD, anak-anak dapat bermain yang tentuya akan didampingi oleh sang guru. Selain menjadi tempat belajar yang menyenangkan, PAUD juga merupakan fasilitas untuk mendidik dan membiasakan anak dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang tentunya akan berguna di masa yang akan datang.

Selain PAUD, PT Astra juga menyediakan beasiswa setiap tahun per semester untuk beberapa siswa SD-SMP yang ada di Kampung Kemuning. Jumlah penerima beasiswa Astra ini sudah mencapai 35 orang. Pengadaan beasiswa ini dapat menunjang sektor pendidikan serta memicu semangat warga kampung kemuning untuk pendidikan yang lebih baik.

Pilar Lingkungan KBA Kemuning

Pada pilar lingkungan, PT. Astra mengarahkan kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. Warga diberi pelatihan mengenai tanaman hidroponik (menanam di media air) yang hasil panennya akan lebih berkualitas dibanding tanaman yang ditanam dalam media tanah.
PT. Astra juga menyediakan bank sampah yang bisa dipergunakan masyarakat untuk mengelola sampah yang ada di kampung kemuning. Tentu dengan adanya bank sampah bisa memicu semangat warga kampung kemuning untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Selain diadakan bank sampah, diadakan pula penyuluhan serta pelatihan pengolahan sampah menjadi pakan ternak ikan, sapi, dan sebagainya. Hal ini tentu akan membuat jumlah sampah menurun dan mengubahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi. Dilihat dari hasilnya, kegiatan tersebut mencakup dua sektor yang direncanakan PT. Astra yakni lingkungan dan kewirausahaan.
Dari keempat sektor yang sudah dijabarkan dan diselenggarakan oleh PT. Astra semoga banyak menginspirasi lembaga atau pihak lain untuk turut peduli terhadap kehidupan sosial. Program Kampung Berseri Astra ini dinilai banyak membangkitkan semangat masyarakatnya. Semoga akan banyak program sejenis Kampung Berseri Astra di masa yang akan datang.