Pengalaman Interview di PT. Munchy's - Dianai's Home

Rabu, 14 November 2018

Pengalaman Interview di PT. Munchy's

Assalamu'alaikum sobat embun.. Kali ini aku mau share tentang pengalamanku tes di PT. Muncy's. Awalnya aku tahu lowongan PT. Muncy's ini dari Website Jobstreet. Pasti tau dong website Jobstreet? Ituloh tempat para jobseeker berkelana di depan laptop dan ponsel. Dari sinilah awal mula kisah panggilan tes dari PT . Munchy's ini dimulai.

Setelah apply di PT. Munchy's via Jobstreet, beberapa hari kemudian HRD-nya email ke aku. Kulihat emailnya sambil berkata "alhamdulillah ada juga yang nyangkut". Eh tapi setelah kubaca lagi kok posisinya beda sama posisi yang ku apply. Jadi ceritanya aku apply di posisi QA (Quality Assurance) Officer, tapi dapet panggilannya bagian QC (Quality Control) Field. Dalam hati "yoweslah dicoba dulu aja, siapa tau rejeki". Isi emailnya standar tapi lengkap, mulai dari tempat-tanggal-orang yang dituju-sampai perlengkapan yang harus dibawa. MANTAP.

Setelah nanya alamat dan patokan arah jalan ke beberapa orang, berangkatlah daku pada tanggal 16 Agustus 2016 silam ke PT. Munchy's yang letaknya lumayan jauh dari rumah, sekitar 2 jam kalau naik kendaraan umum. Nah waktu itu milih naik kendaraan umum, alasannya sih biar santai (alias tidur). Eh nggak ding, supaya nggak nyasar aja :)

Undangan interview jam 9, aku udah sampai di PT. Munchy's (plant sentul) sekitar jam setengah 8. Setelah sampai di pos satpam sih agak nyengir pas baca "TIDAK ADA LOWONGAN" di kacanya. Yaudahdeh bismillah aja, mungkin memang hanya bisa melamar online. Nunggu sambil main ponsel aja sih waktu itu. Sesekali diajak ngobrol sama pak satpamnya.

Hingga tiba akhirnya aku disuruh masuk ke lobby, dan langsung bertemu HRD. Agak dagdigdug serasa mau ketemu calon mertua. Oh ya yang belum kusebut dari awal adalah "INI PENGALAMAN INTERVIEW KU YANG PERTAMA". Tau dong gimana rasanya? Tapi alhamdulillah HRD-nya baik dan santai, sesekali ngobrol sambil melucu. Tahapan yang aku lewatin di PT. Munchy's yaitu tes psikotes, interview HRD, interview user.


pengalaman interview di PT. Munchy's
Foto diambil di ruang lobby PT. Munchy's (16 Agustus 2016)

PENGALAMAN INTERVIEW DI PT. MUNCHY'S (16 AGUSTUS 2016)

1. Tes Psikotes

Bapak HRD mulai menyodorkan kertas dan lembar jawaban, tapi beliau lupa nggak kasih kunci jawaban. Jadinya aku harus mikir jawabannya sendiri sewaktu ngisi soalnya. Soal nggak terlalu banyak, kira-kira 20 soal pilihan ganda, 10 isian singkat dan 10 soal essay.

Pilihan ganda dan isian singkatnya standar kok, aku yakin kalau kita nggak pernah bolos semasa sekolah sih pasti bisa. Jenisnya matematika dan kepribadian. Nggak sesulit tes CPNS sih yang jelas hehe. Kalau essay, semuanya matematika dan harus ditulis caranya, jadi harus agak rapi ya supaya tulisannya kebaca jelas oleh korektor :). Waktu pengerjannya dibatasi, tapi lupa berapa menitnya. hehe

2. Interview HRD

Setelah selesai tes psikotes, waktunya mengumpulkan paket soal dan lembar jawabannya ke HRD. Waktunya interview, duuuhhh dagdigdug lagi. Layaknya interview seperti biasanya, hal yang ditanyakan sifatnya masih mendasar; tentang identitas, kuliah, kehidupan sosial semasa kuliah, dan terakhir soal gaji. Jujur nih ya, kesalahanku saat itu nggak mikirin nominal gaji dari rumah. Nggak kepikiran sama sekali, jadi kujawab asal dan bikin nyesel pas keluar ruangan.

Selain itu, HRD juga menjelaskan tentang jam kerja yang ada di sana. Sempat kaget ketika tau kalau jam kerjanya 12 jam selama 4 hari. Senin sampai rabu full 12 jam/hari, sedangkan hari kamisnya 4 jam/hari, totalnya 40 jam/minggu (masih sesuai dengan permenaker, MANTAP). Jumat sampai minggu? Ya libur. Panjang ya liburnya. Enak to? Mantep to?

3. Interview User

Eng..ing..eng.. dagdigdugnya nambah, mungkin belum apa-apa ya dibandingkan rasanya mau ijab kabul. Namanya juga pertama ya kan, agak nggak pede, tapi udah di depan mata, yakali pulang lagi. Bismillah, ketemu calon atasan, cie. Seperti biasa, perkenalan singkat pun dimulai. Mulai dari identitas (lagi) sampai merambat ke hobi. Entah kenapa aku selalu bingung kalau ditanya tentang hobi, dan lagi-lagi asal jawab. Ya Allah ampunkan hambaMu ini.. (aamiin)

Makin lama pertanyaan makin serius, makin hilang tegangnya sih alhamdulillah. Fokus dengan pertanyaan yang diajukan User. Di sesi inilah pertanyaanku kemarin terjawab tentang posisi. "Mungkin kamu bingung ya kenapa kita panggil sebagai calon QC Field padahal yang kamu apply QA Officer". Aku cuma pasang wajah senyum sepanjang penjelasannya. Intinya, beliau bilang untuk QA Officer itu butuhnya lulusan S1, sedangkan aku D3, jadi aku dialihkan ke bagian QC Field (di bawahnya QA Officer).

Tapi kemudian beliau nanya "Tapi kamu udah taukan kalau kamu masuknya outsourcing? Jadi, kami bekerja sama dengan yayasan. Tapi kalau kinerja kamu bagus dan kami nilai layak kami ambil, kamu akan kami angkat jadi pegawai kami". Denger penjabarannya, kepala auto manggut-manggut sok-sokan, senyum simpul dan bilang "oh gitu Pak".

Singkat cerita, Sang User nanya "Kapan bisa mulai kerja? Lusa?". Alhamdulillah lulus dan loloooooossss. Gila juga nih user, bisa-bisanya sebaik itu. Bersyukur, padahal jawab dengan asal-asalan tapi bisa dapet pertanyaan pamungkas itu. "Enngggg, bisa pak". jawaban sang pengangguran tanpa ragu. Oke, selesai dan sukses interview kali ini.
 "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"...

Nyari Kontrakan di Sekitar Sentul (masih 16 Agustus 2016)

Namanya juga kawasan industri ya, agak jauh kontrakan dari PT. Munchy's ini. Lumayan pegal kalau jalan. Dari pintu ke pintu tanya-tanya harga -yang sebenarnya hanya buat gambaran kedepannya aja.

Waktu itu harga kontrakan udah lumayan mahal, kontrakan petak harganya rata-rata 500rb/bulan. Apalagi sekarang ya, hahaha. Maklumlah, perkampungannya dekat dengan kawasan industri. Alhamdulillah bisa jadi ladang rejeki juga buat warga sekitar kawasan ya.

Disela-sela pencarian kontrakan, ada ibu kontrakan yang bertanya, "kerja dimana?..... lewat apa? bukannya lagi nggak nerima lowongan?....... 12 jam ya kerjanya?.... tapi katanya mau diubah kok jadi 3 shift". Aku menjawab jujur dan seperlunya sambil meng-aamiin-kan jam kerjanya dalam hati.


Kembali ke Rumah (lagi-lagi masih 16 Agustus 2016)

Setelah berlelah-Lillah-ria, kembalilah aku ke Bekasi tercinta dengan segudang cerita yang akan aku sampaikan ke keluarga. Cukup panjang ceritaku, mulai dari akses menuju PT. Munchy's, proses seleksi, jam kerja, sampai harga kontrakan.

Orang tuaku mendengarkan dengan seksama cerita dariku dan sesekali menanggapi dengan petuah-petuahnya, sisanya (keutusan mengambil atau tidaknya) diserahkan lagi ke aku pribadi. Tapi, raut wajah mereka nggak bisa bohong, aku tau orang tuaku nggak tega dengar pengajuan nominal gaji yang aku ajukan ke PT. Munchy's, jam kerja, status kerja (outsourc) dan biaya hidup di sana.

Obrolan selesai, aku masuk kamar dan merenungkan semuanya, mulai mengkalkulasi kebutuhan dan perkiraan tabungan rutin yang bisa kusimpan dari jumlah gaji yang nantinya kudapat. Hasilnya? Ya, mungkin aku tetap bisa menabung perbulannya, meskipun nggak banyak, itupun nggak yakin sih sebenarnya. Bismillah, insyaa Allah tetap berkah, semangat!! Hari mulai malam, aku mencoba tidur dan lari dari penat dan lelahnya hari itu. Menunggu lusa memang agak lama ya. hehe

Rabu pagi di 17 Agustus 2016

Wah, waktunya menonton pengibaran bendera di televisi nih. Selagi menonton televisi , Ibu mengajakku ke pasar untuk membeli perlengkapan di hari pertamaku bekerja. Senang dan sedih bercampur jadi satu. Senang karena hal ini termasuk dukungan, sedih karena masih ada penyesalan terkait nominal pengajuan gaji.

Sepulang dari pasar, aku menyiapkan peralatan (yang akan kubawa di hari pertama ku bekerja), sambil dibantu ibu. Sesekali meyakinkan diri sendiri bahwa ini semua adalah konsekuensi dari ke-asal-asalannya diri ini.

Hari Pertama Bekerja Sebagai QC Field di PT. Munchy's (18 Agustus 2016)

Hari pertama kerja di PT. Munchy's Aku akan share di cerita selanjutnya ya, karena khawatir kepanjangan kalau ditulis disini :)

Pesan untuk yang akan Interview di PT. Munchy's (khususnya Fresh graduate):


  1. Pastikan badan dan otak fresh dan harus sudah sarapan
  2. Pelajari latihan-latihan soal psikotes
  3. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu 
  4. Siapkan nominal gaji yang diharapkan (karena kalau salah menjawab, nyeselnya bisa lamaaaaaa)
  5. Sebaiknya terlebih dahulu mencari tahu tentang perusahaan yang dilamar (ada di pertanyaan user)
  6. Siapkan materi yang berkaitan dengan posisi yang dilamar (ada di pertanyaan user)
  7. Ikhlas dengan hasilnya dan ingat selalu ada campur tangan Allah di setiap kenyataan.
  8. Good luck! Kamu nggak sendirian! Ingat, Ada Allah :)

Pengalaman ini aku tulis untuk menyimpan memori dan sedikit berbagi tentang pengalaman -yang belum ada apa-apanya dibandingkan dengan pengalaman pembaca. Selamat membaca. Oh udah selesai ya? hehe.. Terima kasih sudah membaca ocehan panjang kali ini. Jangan lupa baca juga lanjutan pengalaman ini di cerita berikutnya. Semoga bermanfaat!

ATTENTION!

Pengalaman interview di PT. Munchy's ini aku alami di tahun 2016 alias 2 tahun yang lalu dari tanggal penulisan di blog ini. Seiring berjalannya waktu pasti ada yang berubah dari mulai proses seleksi, jam kerja, status kepegawaiannya, juga harga kontrakan.