Mempersiapkan Diri sebagai Anak Rantau - Dianai's Home

Jumat, 09 November 2018

Mempersiapkan Diri sebagai Anak Rantau

Kuliah di kampus yang telah kamu impikan sejak lama pasti rasanya menyenangkan. Apalagi jika kampus yang kamu imikan terletak di tempat yang jauh dari rumah dan si kota yang sering dijadikan tempat wisata. Namun, jangan lupa menyiapkan hal-hal yang kamu perlukan semasa kuliah. Menjadi MABA (Mahasiswa baru) memang terdengar menyenangkan bagi anak SMA, dan tentunya tidak semenyenangkan itu pada kenyataannya. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang kehidupan di masa perkuliahan? Yuk simak tulisan di bawah ini mengenai persiapan menjadi anak rantau.

Hal-hal yang harus dipersiapkan Anak Rantau


1 Mencari Relasi

Sumber: nimcj.com

Takut dibilang SKSD alias sok kenal sok dekat? Nggak perlu takut deh, karen memang sudah sewajarnya kamu menjari jaringan di tempat baru. Percaya atau nggak, kampus akan menjadi tempat yang lebih banyak kamu tinggali dibanding rumah saat masa perkuliahan nanti. Kebayang dong kalau belum punya kenalan di masa-masa awal? 
Cara menjalin relasi dengan "calon keluarga baru di kampus" nanti cukup dengan media sosial saja. Seseorang yang sepemikiran denganmu juga pasti senang mendapatkan teman baru. Selain itu, relasi baru bisa kamu manfaat untuk hal lain, seperti saat kamu mencari informasi kost murah. Nah, bagaimana? Pokoknya, perlu banget deh menyiapkan relasi meskipun kamu baru "calon" anak rantau.

2 Mencari Informasi terkait Kultur Budaya

sumber: sumberpengertian.co

Pepatah "Biarkan mengalir seperti air" ini seringkali digunakan oleh seorang pendatang baru. Memang sah-sah saja untuk mengenal pada saat sudah berada di tempatnya. Namun, mempelajari kultur budaya di tempat yang akan kita diami juga bukan merupakan hal yang salah. Justru, jika kita sudah mengetahui kultur budaya setempat, hal tersebut akan memudahkan kita untuk berinteraksi dan memulai topik pembicaraan.

3 Belajar Berhemat


Saat di perantauan, sorang anak rantau haruslah mandiri. Mandiri dalam hal ini adalah berani mengambil keputusan, membuat perencanaan juga berani mengambil resiko sendirian. Seseorang yang merantau haruslah paandai berhemat. Bagaimana tidak, biasanya jika sudah mengekost, kamu akan diberikan uang saku dengan frekuensi sebulan sekali. Nah, selama satu bulan penuh, kamulah yang mengatur segala keuangan yang mungkin belum pernah kamu lakukan pada saat sekolah menengah atas. Dimulai dari mencari tahu cara menghemat uang saku, melakukan perencanaan, dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

4 Mulai Mandiri di dalam Rumah


Mulailah beradaptasi dengan diri sendiri secara mandiri. Maksudnya, meskipun belum mulai masuk masa perkuliahan, kamu sudah harus berlatih melakukan sesuatu tanpa bantuan asisten rumah tangga atau keluargamu. Berlatihlah melakukan pekerjaan rumah meskipun kamu seorang laki-laki, berlatihlah mengenal perkakas meskipun kamu seoranga anak perempuan. Sebab nanti kamu akan melakukan semuanya sendiri, sesekali mungkin dibantu teman.

Nah, itulah beberapa hal yang mesti dipersiapkan untuk mempersiapkan diri sebagai anak rantau. Meski terlihat menakutkan, sebenarnya banyak pula hal-hal menyenangkan yang bisa dirasakan saat kamu merantau. Jadi, jangan takut menjadi anak rantau ya..