Hari Pertama Bekerja di PT. Munchy's - Dianai's Home

Jumat, 16 November 2018

Hari Pertama Bekerja di PT. Munchy's

Setelah menulis tentang pengalaman interview di PT. Munchy's, kali ini aku akan bahas mengenai hari pertama ku kerja di sana. Sebagai apa? Yap, sebagai QC (Quality Control) Field. Sebenarnya, jam kerja dimulai sejak pukul 6 pagi, tapi berhubung aku anak baru dan hari pertamaku hanya pengenalan tempat produksi, jadi masuk jam 8.

Hari Kamis, 18 Agustus 2016

Pagi itu

Tiba di PT. Munchy's, aku langsung diarahkan menuju loker. Aku pakai kaos putih, rok dan jilbab hitam. Aku hanya berdiam diri di loker sambil menunngu informasi dari manager Quality Assurance via whatsapp. Ada beberapa karyawan keluar masuk loker, aku santai saja. Terdengar pula mereka saling berbisik "anak baru tuh, kayanya temennya Fitri deh". Jelas, aku ura-pura tidak mendengar. Tiba-tiba ada yang bertanya kepuadaku "teroris ya mbak?". Aku hanya melemarkan lirikan kepada orang tersebut serta menahan untuk menjawab perkataannya.
Padahal, "untung saja aku bukan teroris, karena kalau aku teroris, adakah yang menjamin mereka tidak langsung ku bom? Hahaha". Sesekali aku menghibur diriku dengan kalimat sebelum ini dalam hati. Tiba-tiba ada whatsapp masuk, benar saja atasanku sudah berada di kantor dan aku diperintah untuk memasuki ruangannya.
Gedungnya masih banyak yang kosong waktu itu, dan tidak terlalu banyak orang layaknya kantor pada umumnya, sangat tenang. Masuklah aku ke ruangannya lalu diberi arahan mengenai job description pada hari ini. Aku diminta hanya full berkenalan dengan tim, karyawan dan proses produksi. "Jam 4 kamu ke ruangan saya lagi ya, kita review tentang hasil yang suda kamu pelajari". Oke lanjut bekerja untuk yang pertama kali. hehe.
Oke, setelah berganti baju kerja, aku melepas jam dan gelang di loker dari akses ruang Pak QA Manager. Aku diantarnya ke rekan tim QC Field, Nisrina namanya. Selain aku, ternyata ada 2 orang QC Field yang bernama Nisrina dan Fitri. "Oh jadi karena ini aku dibilang temannya Fitri, mungkin yang dimaksud adalah tim kerja", bisikku dalam hati. Setelah berkenalan dengan Nisrina, aku diajak "Plant Tour" keliling tempat produksi sembari ia melakukan tugasnya.
Sepanjang Plant Tour, menggambar skema proses produksi dan banyak bertanya pada Nisrina. Mengenai bahan, nama proses dan seterusnya. Aku juga ikut membantu Nisrina mengontrol kualitas produk yang nantinya akan jadi tanggung jawabku juga.
Setelah proses produksi, ada yang dinamakan proses pengemasan atau packing. Nah, bertemulah aku dengan Fitri sang QC Field of Packing Area. Wong jowo, baiiiiikkk sekali. Fitri banyak cerita tentang perjalanan hidup dan histori pekerjaannya. Singkat cerita, aku nyaman bertukar pikiran dengannya (cie).
Jam istirahat tiba, aku bertanya pada Fitri yang tidak juga menghentikan pekerjaannya. "Sekarang gilirannya Nisrina istirahat, 1 jam lagi aku baru istirahat, gantian". Oh, aku baru paham, mungkin ini dilakukan perusahaan untuk mengefisiensi hasil produksi. "Oh yaudah aku ikut Nisrina istirahat gimana?" tanyaku yang nggak tau malu. "Oh yaudah, aku tunggu disini ya, nanti kamu kesini (Packing area) lagi'', jawabnya.

Ba'da istirahat 😄

Setelah makan siang selesai, giliran aku yang "berjaga" dan (sedikit) melanjutkan pekerjaan. Kini giliran Fitri yang istirahat. Sembari menunggu Fitri selesai istirahat, aku mempelajari formulir dan dokumentasi-dokumentasi yang ada, ku tambahkan di skema yang kubuat di buku. Satu jam berlalu, Fitri datang lagi. Kerja bareng Fitri lagi, ngobrol-ngobrol lagi hehe.
Singkat cerita, sudah hampir jam 4 sore. Aku menyiapkan bahan-bahan yang akan ku presentasikan di depan QA Manager. Jam 4 teng, aku ke loker mengambil tas lalu berjalan lewat jalan yang berbeda dengan jalur masuk. Kemudian, aku kembali menghadap Pak Manager.
Ia memintaku untuk menjelaskan semua hal yang aku dapat selama belajar seharian. Oke aku sebut dan jabarkan melalui skema yang telah kubuat. Alhamdulillah lancar, sesekali Pak Manager menambahkan informasi yang belum kudapat di lapangan. Ada beberapa pertanyaan juga yang beliau lemparkan untuk menguji pengetahuanku tentang posisi dan alur produksi.
Review hari ini selesai, singkat cerita Pak Manager mengajukan pertanyaan "Jadi gimana? Senin masuk lagi ya". Apa jawabanku? Ku jawab "sepertinya akan saya pikirkan lagi Pak". Sang Manager kaget dan terlihat agak kecewa dengan jawabanku. Aku tahu ini fatal, anak baru yang udah dikasih ilmu, eh kabur gitu aja, nggak dibalikin pula ilmunya.
Kenapa ngambil keputusan seperti itu? Ada beberapa yang kupertimbangkan dan nggak bisa aku ceritain disini. Tapi, aku nggak mau menyesal berkepanjangan. Cukup sampai disini penyesalan dan kebimbangan itu, insyaa Allah ada rejeki yang lebih baik, pikirku kala itu. "Silakan kamu pikirkan lagi, tapi saya harap kamu masih bisa gabung disini", tutur Pak Manager menutup review sore itu (setelah nasihat dan petuah yang panjang lebar, wajar).
Entah mengapa, setelah keluar dari gedung, aku merasa lega. Lega karena sudah jujur terhadap diri sendiri, lega karena aku ikhlas menghadapi apaun yang ada didepan, termasuk mencari (lagi) pekerjaan seperti sebelumnya. Tapi lagi-lagi, aku lega karena aku ikhlas.

Pulang ke rumah (Masih 18 Agustus 2016)

"Bu, nggak aku ambil kerjaannya, gapapa lah, nanti juga dapet lagi kalau udah rejekinya". Tanpa tanggapan panjang lebar ibu bilang "yaudah nanti juga ada lagi" seakan tahu apa saja yang menjadi alasan dan mengganggu pikiranku. Sebenarnya aku merasakan kehilangan, ya, gelang dan jam tanganku yang tertinggal di jalur masuk via ruang Manager. huhu. Setelah kedua orang tua meridoi keputusanku, aku makin lega, makin ikhlas, makin yakin Allah punya rencana lain.

***
Begitulah kira-kira pengalaman hari pertama bekerja di PT. Munchy's. Setelah tulisan ini hampir selesai, mungkin judulnya akan berganti menjadi Hari pertama (dan terakhir) bekerja di PT. Munchy's. Sekarang tulisan ini benar-benar berakhir. Terima kasih sudah membaca :)