Langsung ke konten utama

5 Keutamaan Manfaat Air Embun bagi Tubuh

Setiap pagi hari terlihat dedaunan dan rumput segar dan basah, padahal semalaman langit tidak menghujani tanah. Lalu dari manakah datangnya air pada dedaunan tersebut? Ya, proses pengembunan. Darimanakah datangnya embun serta bagaimanakah proses terjadinya?

Semua orang tahu bahwa embun merupakan uap-uap yang berubah wujud menjadi titik-titik air. Namun, pernahkah terlintas dalam benak tentang "mengapa embun hanya terjadi pada malam hari?". Pada kenyataannya, embun dapat terjadi selain di malam hari.



Sejatinya, pengembunan terjadi pada suhu rendah (dingin). Udara yang ada di sekitar kita ternyata memiliki titik jenuh. Kapan titik jenuh itu muncul? Titik jenuh pada udara muncul ketika udara sudah tidak dapat menampung uap air lebih banyak lagi. Maka dari itu, sebagian uap berubah wujud menjadi titik-titik air.

Pada malam hari, selain merupakan faktor suhu yang lebih rendah dibanding waktu lainnya, pada saat ini pula tidak banyak angin yang berhembus. Akibatnya, uap air akan menjadi lebih mudah menempel pada benda-benda tertentu, misalnya: mobil, daun, ataupun rumput.

Benda-benda tersebut pada umumnya akan bersuhu rendah (dingin) juga di malam hari sehingga suhu rendah dari benda-benda tersebut akan membuat uap-uap air yang menempel pada benda menjadi jenuh dan kembali berubah wujud menjadi titik-titik air. Begitulah proses terjadinya pengembunan.
Nah, mengapa embun pagi dapat berkhasiat?

Jika kita bandingkan dengan air biasa, air embun ini terasa lebih sejuk karena kandungan oksigennya yang lebih banyak dibanding air putih. Jika air putih hanya memiliki kandungan oksigen sebanyak 6 ppm, maka air embun terdapat kandungan oksigen alami sebanyak 14 – 16 ppm di dalamnya. Oleh sebab itu air embun ini sangat berkhasiat bagi tubuh. Wah, ternyata air embun luar biasa ya.

Manfaat Air Embun

Sumber: miftahulnurzaini.blogspot.com

Tanpa disadari, air embun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, air embun meruapakan air yang bersih dan belum terkontaminasi debu dan polusi. Berikut manfaat embun pagi

Menyegarkan tubuh

Kegiatan yang padat dan super sibuk kerap kali menyerang daya tahan tubuh. Bagi yang memiliki aktifitas padat, mengkonsumsi air embun ini perlu dicoba. Layaknya meminum air seperti biasa, namun rasa segar yang didapat dari air embun pagi terasa lebih segar dibanding air biasa. Dengan tubuh yang segar, pikiran akan tenang menyambut kegiatan baru dikeesokan harinya.

2 Memelihara Sel pada Tubuh

Sel tubuh berupakan entitas terkecil yang menunjang berbagai fungsi organ dalam tubuh. Oleh sebab itu, sel-sel tubuh harus dijaga kesehatannya secara serius. Air embun dapat membantu detoksifikasi serta memelihara sel-sel kulit dan organ pada tubuh agar tetap sehat.

Proses detoksifikasi juga berguna membuang racun yang ada pada tubuh. Racun ini dapat berasal dari berbagai sumber seperti makanan sia saji, debu polusi, bahkan asap rokok. Seperti yang ketahui pada umumnya, makanan yang dimakan atau udara yang dihirup tidak mungkin terlepas dari adanya kotoran dan racun. Meskipun sedikit, pasti ada kontaminasi racun didalamnya yang jika dibiarkan akan menumpuk pada tubuh. Minumlah air embun pada jam 4-6 pagi untuk mendapatkan manfaat air embun yang sesungguhnya.

3 Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah bagi sebagian besar wanita. Jerawat yang tidak segera diatasi dapat memperarah kondisi wajah. Salah satu manfaat air embun yaitu mengatasi jerawat dengan menjadikan air embun sebagai toner wajah maupun diminum secara biasa.

Selain jerawat, ternyata air embun juga bisa mengurangi kadar minyak pada wajah lho. Cara pemakaian air embun sebagai toner ini cukup mudah, sukup menyemprotkan air embun ke daerah berjerat tiap pagi dan malam. Kenapa harus pagi dan malam? Karena pada saat itulah terjadinya proses detoksifikasi pada tubuh.

4. Membantu kinerja ginjal

Penelitian memunjukkan bahwa ternyata para atlet yang kerap memengkonsumsi air embun efeisiensi tubuhnya meningkat 20 hingga 30%. Dengan efisiensi tubuh yang cukup tinggi maka proses kerja ginjal akan menjadi lebih ringan sehingga kesehatan ginjal dapat lebih terjaga.Sebagaimana kita tahu bahwa ginjal merupakan organ vital bagi tubuh sehingga harus dijaga kesehatannya. Dengan mengkonsumsi air embun maka berarti kita telah mencegah tubuh dari sakit ginjal.

5 Menurunkan Berat badan

Wah, inilah manfaat air embun yang ditunggu-tunggu para wanita. Berat badan berlebih kerap kali menjadi keluhan wanita. Terlebih bagi para gadis yang selalu memperhatikan penampilan. Bahkan tak sedikit diantara mereka yang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit hanya untuk berolahraga atau mengkonsumsi suplemen penurun berat badan. Air embun disinyalir dapat membantu menurunkan berat badan, tentu dengan pemakaian rutin. Kalau air embun yang gratis saja efektif menurunkan berat badan, kenapa pilih yang bayar?

Cara Mendapatkan Air Embun

Sumber: harnas.co.id

Air embun biasanya bisa dengan mudah didapatkan dengan cara meletakkan wadah yang sudah berisi air di ruangan terbuka yang didiamkan mulai dari malam hingga pagi hari. Ruangan terbuka yang dipilih untuk mendapatkan air embun haruslah yang bebas dari udara kotor, asap juga polusi lain yang dikhawatirkan akan mengkontaminasi air embun. Keesokan harinya air dalam wadah tersebut sudah berubah menjadi air embun dan siap dikonsumsi. Berikut merupakan langkah-langkah mendapatkan air embun secara detail.
  1. Siapkan wadah untuk menampung air embun,  bisa menggunakan gelas ukur atau gelas biasa yang diameternya cukup lebar.
  2. Isi ¾ gelas ukur atau gelas biasa tersebut dengan  air matang.
  3. Perhatikan cuaca di malam hari, jika cuaca terlihat mendung dan banyak petir dan kilat sebaiknya urungkan niat untuk membuat air embun. Cuaca juga dapat diprediksi dengan cara melihat ramalan cuaca menurut BMKG.
  4. Jika sudah yakin tidak akan hujan, letakkan gelas ukur atau gelas biasa di ruang terbuka (dengan persyaratan bebas polusi). Membuat air embun dapat dilakukan dengan cara meletakkan gelas ukur atau gelas biasa yang telah berisi air pada atap rumah atau di halaman belakang.
  5. Waktu yang terbaik untuk meletakkan gelas ukur atau gelas biasa yang berisi air matang ini adalah pukul 23:00.
  6. Menjelang pukul 06:00 pagi, ambil wadah yang sudah diletakkan di luar rumah semalaman.
  7. Saring terlebih dahulu air di dalam gelas ukur tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kontaminasi air di dalamnya.
  8. Untuk mendapatkan manfaat air embun secara maksimal, minumlah air embun yang telah didapat secara langsung.
  9. Usahakan jangan menyimpan air embun semalaman dan harus segera diminum setelah didapat dari luar rumah.
  10. Jika keesokan harinya ingin kembali membuat air embun, letakkan kembali wadah berisi air matang di luar rumah pada saat malam hari. Namun, jika hujan atau gerimis, air tersebut jangan dikonsumsi sebab yang ada di dalamnya adalah air hujan dan kotoran-kotoran, bukan murni air embun.
Sekian informasi mengenai manfaat air embun untuk tubuh kita. Semoga informasinya bermafaat bagi yang ingin sehat tanpa kimia. Sampai jumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nussa dan Rara: Tayangan Edukasi Karya Anak Bangsa

"Hai Guys.. Assalamualaikum. Namaku Nussa, dan ini adikku, Rara....".  Sobat embun pasti pernah menonton video satu ini ya. Video ini sangat booming selama sepekan ini, banyak yang penasaran akan sosok Nussa, tapi tidak jarang juga yang sangat gemas melihat karakter sang adik, Rara. Video yang launching pada tanggal 8 November 2018 ini merupakan teaser trailer dari Nussa Official (youtube) yang didedikasikan untuk dunia edukasi anak. Film Nussa dan Rara akan tayang pada tanggal 20 November 2018. Wah.. nggak sabar ya. Oh ya, buat yang belum menonton videonya, kamu bisa menontonnya di akhir tulisan ini ya!


Project garapan dari Ustadzfelix siauwdimas adistathe little giantz4stripe productions ini mampu menarik perhatian youtubers sebanyak 142K subscribers dan 630K viewers hanya dalam kurun waktu 7 hari. Tidak hanya di youtube, teaser trailer Nussa official ini juga sangat ramai diperbincangan warga instagram. Followers akun instagram @nussaofficial sudah mencapai 423K foll…

Pengalaman Interview di PT. Munchy's

Assalamu'alaikum sobat embun.. Kali ini aku mau share tentang pengalamanku tes di PT. Muncy's. Awalnya aku tahu lowongan PT. Muncy's ini dari Website Jobstreet. Pasti tau dong website Jobstreet? Ituloh tempat para jobseeker berkelana di depan laptop dan ponsel. Dari sinilah awal mula kisah panggilan tes dari PT . Munchy's ini dimulai.

Setelah apply di PT. Munchy's via Jobstreet, beberapa hari kemudian HRD-nya email ke aku. Kulihat emailnya sambil berkata "alhamdulillah ada juga yang nyangkut". Eh tapi setelah kubaca lagi kok posisinya beda sama posisi yang ku apply. Jadi ceritanya aku apply di posisi QA (Quality Assurance) Officer, tapi dapet panggilannya bagian QC (Quality Control) Field. Dalam hati "yoweslah dicoba dulu aja, siapa tau rejeki". Isi emailnya standar tapi lengkap, mulai dari tempat-tanggal-orang yang dituju-sampai perlengkapan yang harus dibawa. MANTAP.

Setelah nanya alamat dan patokan arah jalan ke beberapa orang, berangkatlah d…