Langsung ke konten utama

Katanya Sampah, Nyatanya Skincare!

Dapat merawat kulit setiap hari merupakan idaman kebanyakan wanita. Terlebih bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki asisten, rasanya bisa merawat kulit seminggu sekali pun rasanya sudah senang sekali. Rasa lelah dan stres yang didapat sehari-hari sebaiknya dinetralisir dengan cara memanjakan diri. Bagi seorang ibu yang memiliki balita, sulit sekali menemukan "me time" dalam kesehariannya. Masalah waktu dan biaya? Seringkali "ya". 
Tidak dipungkiri, balita masih belum bisa dilepas sendiri saat bermain. Apalagi bila ibu memilih facial treatment sebagai "me time" nya. Hasilnya? Ibu tetap stres padahal sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kalau dipikir-pikir, kenapa harus treatment di luar rumah? Saat di rumah, ibu juga bisa melakukan facial treatment meski dengan cara dan bahan yang sederhana. 


Nenek moyang kita sedari dulu sudah memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk merawat kulit dan wajah. Bahkan bukan bahan yang utuh. Banyak yang menyebutnya "sampah", "sampah dapur" tepatnya. Beberapa sampah dapur yang kita buang sebenarnya dapat kita gunakan sebagai bahan untuk merawat kulit dan wajah. Sampah dapur yang bermanfaat bagi kulit dan wajah diantaranya sebagai berikut.


1 Cangkang Telur

Setelah memasak menggunakan telur, cangkang nya jangan langsung di buang ya. Pada cangkang telur tersebut biasanya masih terdapat putih telur di dalamnya, oleskan sisa putih telur ke permukaan wajah. Kemudian, sambil menunggu masker putih telurnya kering, ibu bisa sambil melanjutkan kegiatan masak-memasaknya.

Cangkang telur berfungsi untuk meregeneralisasi sel kulit, mencerahkan wajah, mengurangi flek dan bekas jerawat, serta mengencangkan kulit. Wah, banyak ya manfaat dari sampah dapur yang satu ini. Bagaimana? Mudah dan murah bukan?


2. Teh Basi

Siapa sangka teh basi masih bermanfaat bagi kulit dan wajah? Bukan untuk diminum ya, sampah dapur yang satu ini digunakan dengan cara dijadikan masker pada wajah atau pada bagian  kulit yang lain sesuai keinginan.

Caranya cukup mudah, pisahkan dua bagian teh yaitu ampas teh dan air teh basi. Air teh basi digunakan untuk membasuh tangan dan kaki (berfungsi untuk merawat kulit dan melebabkannya). Sedangkan ampas teh di balur di bagian kulit tertentu yang ingin dirawat. tunggu 15-20 menit atau sampai mengering, lalu bilas dengan air.

Mengapa teh basi masih bermanfaat? Sebab, meskipun basi, namun kandungan vitamin e ada teh basi tidak hilang sehingga masih dapat bermanfaat bagi kulit.


3 Kulit lemon

Membacanya saja sudah terbayang ya betapa asam dan segarnya. Ternyata kulit lemon ini juga dapat kita manfaatkan untuk merawat kulit. Caranya cukup mudah, oleskan kulit lemon pada bagian kulit, tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Jika dilakukan setia hari, kulit akan cerah dan halus tanpa perlu treatment di luar .


4. Ampas kopi

Si Ayah penggemar kopi tubruk? Jangan sia-siakan kesempatan ini ya, Bu. Ampas kopi si Ayah ternyata bermanfaat bagi kulit  dan wajah, lho. Selain membersihkan pori-pori, ampas kopi juga dapat mengurangi minyak berlebih serta mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakan ampas kopi ini hampir sama dengan menggunakan masker bubuk pada umumnya. Berani coba?

Nah itulah beberapa bahan beberapa sampah dapur yang bermanfaat bagi kulit dan wajah. Dengan waktu dan biaya yang efisien, ibu jadi lebih bisa menikmati "me time" tanpa melewatkan tumbuh kembang si kecil. sampai jumpa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nussa dan Rara: Tayangan Edukasi Karya Anak Bangsa

"Hai Guys.. Assalamualaikum. Namaku Nussa, dan ini adikku, Rara....".  Sobat embun pasti pernah menonton video satu ini ya. Video ini sangat booming selama sepekan ini, banyak yang penasaran akan sosok Nussa, tapi tidak jarang juga yang sangat gemas melihat karakter sang adik, Rara. Video yang launching pada tanggal 8 November 2018 ini merupakan teaser trailer dari Nussa Official (youtube) yang didedikasikan untuk dunia edukasi anak. Film Nussa dan Rara akan tayang pada tanggal 20 November 2018. Wah.. nggak sabar ya. Oh ya, buat yang belum menonton videonya, kamu bisa menontonnya di akhir tulisan ini ya!


Project garapan dari Ustadzfelix siauwdimas adistathe little giantz4stripe productions ini mampu menarik perhatian youtubers sebanyak 142K subscribers dan 630K viewers hanya dalam kurun waktu 7 hari. Tidak hanya di youtube, teaser trailer Nussa official ini juga sangat ramai diperbincangan warga instagram. Followers akun instagram @nussaofficial sudah mencapai 423K foll…

5 Keutamaan Manfaat Air Embun bagi Tubuh

Setiap pagi hari terlihat dedaunan dan rumput segar dan basah, padahal semalaman langit tidak menghujani tanah. Lalu dari manakah datangnya air pada dedaunan tersebut? Ya, proses pengembunan. Darimanakah datangnya embun serta bagaimanakah proses terjadinya?

Semua orang tahu bahwa embun merupakan uap-uap yang berubah wujud menjadi titik-titik air. Namun, pernahkah terlintas dalam benak tentang "mengapa embun hanya terjadi pada malam hari?". Pada kenyataannya, embun dapat terjadi selain di malam hari.



Sejatinya, pengembunan terjadi pada suhu rendah (dingin). Udara yang ada di sekitar kita ternyata memiliki titik jenuh. Kapan titik jenuh itu muncul? Titik jenuh pada udara muncul ketika udara sudah tidak dapat menampung uap air lebih banyak lagi. Maka dari itu, sebagian uap berubah wujud menjadi titik-titik air.

Pada malam hari, selain merupakan faktor suhu yang lebih rendah dibanding waktu lainnya, pada saat ini pula tidak banyak angin yang berhembus. Akibatnya, uap air akan me…

Pengalaman Interview di PT. Munchy's

Assalamu'alaikum sobat embun.. Kali ini aku mau share tentang pengalamanku tes di PT. Muncy's. Awalnya aku tahu lowongan PT. Muncy's ini dari Website Jobstreet. Pasti tau dong website Jobstreet? Ituloh tempat para jobseeker berkelana di depan laptop dan ponsel. Dari sinilah awal mula kisah panggilan tes dari PT . Munchy's ini dimulai.

Setelah apply di PT. Munchy's via Jobstreet, beberapa hari kemudian HRD-nya email ke aku. Kulihat emailnya sambil berkata "alhamdulillah ada juga yang nyangkut". Eh tapi setelah kubaca lagi kok posisinya beda sama posisi yang ku apply. Jadi ceritanya aku apply di posisi QA (Quality Assurance) Officer, tapi dapet panggilannya bagian QC (Quality Control) Field. Dalam hati "yoweslah dicoba dulu aja, siapa tau rejeki". Isi emailnya standar tapi lengkap, mulai dari tempat-tanggal-orang yang dituju-sampai perlengkapan yang harus dibawa. MANTAP.

Setelah nanya alamat dan patokan arah jalan ke beberapa orang, berangkatlah d…