Katanya Sampah, Nyatanya Skincare! - Dianai's Home

Rabu, 31 Oktober 2018

Katanya Sampah, Nyatanya Skincare!

Dapat merawat kulit setiap hari merupakan idaman kebanyakan wanita. Terlebih bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki asisten, rasanya bisa merawat kulit seminggu sekali pun rasanya sudah senang sekali. Rasa lelah dan stres yang didapat sehari-hari sebaiknya dinetralisir dengan cara memanjakan diri. Bagi seorang ibu yang memiliki balita, sulit sekali menemukan "me time" dalam kesehariannya. Masalah waktu dan biaya? Seringkali "ya". 
Tidak dipungkiri, balita masih belum bisa dilepas sendiri saat bermain. Apalagi bila ibu memilih facial treatment sebagai "me time" nya. Hasilnya? Ibu tetap stres padahal sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kalau dipikir-pikir, kenapa harus treatment di luar rumah? Saat di rumah, ibu juga bisa melakukan facial treatment meski dengan cara dan bahan yang sederhana. 


Nenek moyang kita sedari dulu sudah memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk merawat kulit dan wajah. Bahkan bukan bahan yang utuh. Banyak yang menyebutnya "sampah", "sampah dapur" tepatnya. Beberapa sampah dapur yang kita buang sebenarnya dapat kita gunakan sebagai bahan untuk merawat kulit dan wajah. Sampah dapur yang bermanfaat bagi kulit dan wajah diantaranya sebagai berikut.


1 Cangkang Telur

Setelah memasak menggunakan telur, cangkang nya jangan langsung di buang ya. Pada cangkang telur tersebut biasanya masih terdapat putih telur di dalamnya, oleskan sisa putih telur ke permukaan wajah. Kemudian, sambil menunggu masker putih telurnya kering, ibu bisa sambil melanjutkan kegiatan masak-memasaknya.

Cangkang telur berfungsi untuk meregeneralisasi sel kulit, mencerahkan wajah, mengurangi flek dan bekas jerawat, serta mengencangkan kulit. Wah, banyak ya manfaat dari sampah dapur yang satu ini. Bagaimana? Mudah dan murah bukan?


2. Teh Basi

Siapa sangka teh basi masih bermanfaat bagi kulit dan wajah? Bukan untuk diminum ya, sampah dapur yang satu ini digunakan dengan cara dijadikan masker pada wajah atau pada bagian  kulit yang lain sesuai keinginan.

Caranya cukup mudah, pisahkan dua bagian teh yaitu ampas teh dan air teh basi. Air teh basi digunakan untuk membasuh tangan dan kaki (berfungsi untuk merawat kulit dan melebabkannya). Sedangkan ampas teh di balur di bagian kulit tertentu yang ingin dirawat. tunggu 15-20 menit atau sampai mengering, lalu bilas dengan air.

Mengapa teh basi masih bermanfaat? Sebab, meskipun basi, namun kandungan vitamin e ada teh basi tidak hilang sehingga masih dapat bermanfaat bagi kulit.


3 Kulit lemon

Membacanya saja sudah terbayang ya betapa asam dan segarnya. Ternyata kulit lemon ini juga dapat kita manfaatkan untuk merawat kulit. Caranya cukup mudah, oleskan kulit lemon pada bagian kulit, tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Jika dilakukan setia hari, kulit akan cerah dan halus tanpa perlu treatment di luar .


4. Ampas kopi

Si Ayah penggemar kopi tubruk? Jangan sia-siakan kesempatan ini ya, Bu. Ampas kopi si Ayah ternyata bermanfaat bagi kulit  dan wajah, lho. Selain membersihkan pori-pori, ampas kopi juga dapat mengurangi minyak berlebih serta mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakan ampas kopi ini hampir sama dengan menggunakan masker bubuk pada umumnya. Berani coba?

Nah itulah beberapa bahan beberapa sampah dapur yang bermanfaat bagi kulit dan wajah. Dengan waktu dan biaya yang efisien, ibu jadi lebih bisa menikmati "me time" tanpa melewatkan tumbuh kembang si kecil. sampai jumpa!