Buah langka di Indonesia - Dianai's Home

Jumat, 26 Oktober 2018

Buah langka di Indonesia

Keanekaragaman hayati Indonesia mencakup fauna dan flora yang tersebar di seluruh nusantara, salah satunya adalah jenis buah. Ada begitu banyak buah yang hidup di negara ini, tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa buah yang telah diklasifikasikan sebagai langka, sehingga sulit untuk menemukannya di pasar? Nah, kali ini 4 orang muda akan mengulas beberapa buah langka di Indonesia.

1. Kemang
Buah Kemang, gambar: head-fi.org

Buah yang secara ilmiah disebut Mangifera Caesia masih merupakan keluarga dengan mangga, dengan karakteristik utama dari kulit buah kuning tipis dan buah pulp putih. Pohon Kemang umumnya tumbuh di dataran rendah pada ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut (masl) hingga 800 meter di atas permukaan laut, tumbuh dengan baik di tepi sungai yang secara berkala banjir. Namun sayangnya, buah ini sudah sulit ditemukan.

Selain enak untuk dikonsumsi, buah langka ini juga memiliki beberapa manfaat, antara lain: membantu membangun tulang, menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah langka ini juga kaya akan vitamin C, jadi baik untuk melawan radikal bebas.


2. Sawo Durian

Bentuknya bulat dengan kulit dan daging dengan warna yang sama, durian Yup Sawo atau applet bintang (bahasa Inggris) adalah buah langka yang kini jarang ditemukan di pasaran. Ada dua jenis durian sawo, ungu dan putih sawo, keduanya dengan ciri khas, jika buahnya dibagi ada bentuk bintang. Buah durian sawo matang setelah berumur 5-6 tahun, dan biasanya berbuah di musim kemarau.

Di luar, durian sawo banyak digunakan sebagai bahan baku es krim. Rebusan daun digunakan untuk menyembuhkan diabetes dan rematik. Kayu digunakan dengan baik sebagai bahan bangunan dan cabang-cabangnya yang lama digunakan untuk media kultur anggrek, dan kulit kayu dapat digunakan sebagai obat kuat dan obat batuk.

Baca juga: cara mengatasi kulit kering

3. Gandaria
Buah Gandaria, foto: youtube.com

Buah Gandaria atau Bouea Macrophylla menyerupai mangga bulat kecil, dengan buah-buahan muda berwarna hijau, dan ketika mereka matang mereka berwarna kuning dan bijinya berwarna ungu. Pohon Gandaria tumbuh di hutan atau ditanam di desa-desa seperti pohon buah-buahan. Pohon gandaria tumbuh dengan baik pada ketinggian 500-800 mp. Sekarang gandaria adalah buah yang langka karena jarang ditemukan di pasar.

Buah langka ini menyimpan sejuta nutrisi yang baik, yang meliputi vitamin C, beta-karoten, niacin, tiamin, riboflavin, serat, kalsium, fosfor, besi, protein, lemak dan karbohidrat. Buah Gandaria dapat digunakan untuk membuat sirup, manisan, cabai hingga diasamkan. Daunya juga bisa digunakan sebagai sayuran.



4. Menteng

Menteng atau Baccaurea racemosa adalah semak dengan tinggi 25 meter dengan diameter 27 sentimeter, kulit kasar dengan warna putih yang cantik. Daun bertemu lebih banyak di ujung cabang, oval dengan tepi yang tidak beraturan. Buahnya berdiameter sekitar dua sentimeter, berwarna hijau kekuningan atau kemerah-merahan, kulit buahnya hijau dan kekuningan saat matang, buah menteng memiliki rasa pahit.

Pohon Menteng dulu ditanam di halaman, tetapi sekarang sulit untuk menemukannya karena tekanan penduduk dan perkebunan buah pilihan lainnya. Manfaat buah menteng adalah sebagai bahan untuk membuat sirup, juga dibuat sebagai acar. Kayu Menteng memiliki kualitas untuk digunakan sebagai kayu untuk pembangunan rumah, perahu dan perabotan. Selain itu, kulit dan daun digunakan sebagai obat untuk diare dan untuk menstruasi.

5. Kecapi

Dipercaya bahwa kecapi atau buah Sandoricum Koetjape berasal dari Indonesia dan Semenanjung Malaya. Bentuk kecapi bulat rata, sekitar 5-6 cm, kuning atau kemerahan saat matang. Daging luar yang tebal dari buah tidak sulit bercampur dengan kulit, daging buah yang lembut dan berair dari buahnya melekat pada biji.

Buah langka ini mengandung vitamin C, sehingga kecap berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Serat yang terkandung dalam buah harpa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga memfasilitasi buang air besar. Kayu pohon kecokelatan baik untuk bahan bangunan, alat dan kerajinan. Rebusan daun digunakan sebagai obat untuk mengurangi demam.

6. Matoa
Buah yang satu ini sudah termasuk langka. Buah yang masih satu famili dengan buah rambutan ini memiliki rasa yang unik yaitu campuran dari kelengkeng dan durian. Manfaat buah matoa sangat banyak slaah satunya dapat mengurangi tingkat depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar