Langsung ke konten utama

Buah langka di Indonesia

Keanekaragaman hayati Indonesia mencakup fauna dan flora yang tersebar di seluruh nusantara, salah satunya adalah jenis buah. Ada begitu banyak buah yang hidup di negara ini, tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa buah yang telah diklasifikasikan sebagai langka, sehingga sulit untuk menemukannya di pasar? Nah, kali ini 4 orang muda akan mengulas beberapa buah langka di Indonesia.

1. Kemang
Buah Kemang, gambar: head-fi.org

Buah yang secara ilmiah disebut Mangifera Caesia masih merupakan keluarga dengan mangga, dengan karakteristik utama dari kulit buah kuning tipis dan buah pulp putih. Pohon Kemang umumnya tumbuh di dataran rendah pada ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut (masl) hingga 800 meter di atas permukaan laut, tumbuh dengan baik di tepi sungai yang secara berkala banjir. Namun sayangnya, buah ini sudah sulit ditemukan.

Selain enak untuk dikonsumsi, buah langka ini juga memiliki beberapa manfaat, antara lain: membantu membangun tulang, menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah langka ini juga kaya akan vitamin C, jadi baik untuk melawan radikal bebas.


2. Sawo Durian

Bentuknya bulat dengan kulit dan daging dengan warna yang sama, durian Yup Sawo atau applet bintang (bahasa Inggris) adalah buah langka yang kini jarang ditemukan di pasaran. Ada dua jenis durian sawo, ungu dan putih sawo, keduanya dengan ciri khas, jika buahnya dibagi ada bentuk bintang. Buah durian sawo matang setelah berumur 5-6 tahun, dan biasanya berbuah di musim kemarau.

Di luar, durian sawo banyak digunakan sebagai bahan baku es krim. Rebusan daun digunakan untuk menyembuhkan diabetes dan rematik. Kayu digunakan dengan baik sebagai bahan bangunan dan cabang-cabangnya yang lama digunakan untuk media kultur anggrek, dan kulit kayu dapat digunakan sebagai obat kuat dan obat batuk.

Baca juga: cara mengatasi kulit kering

3. Gandaria
Buah Gandaria, foto: youtube.com

Buah Gandaria atau Bouea Macrophylla menyerupai mangga bulat kecil, dengan buah-buahan muda berwarna hijau, dan ketika mereka matang mereka berwarna kuning dan bijinya berwarna ungu. Pohon Gandaria tumbuh di hutan atau ditanam di desa-desa seperti pohon buah-buahan. Pohon gandaria tumbuh dengan baik pada ketinggian 500-800 mp. Sekarang gandaria adalah buah yang langka karena jarang ditemukan di pasar.

Buah langka ini menyimpan sejuta nutrisi yang baik, yang meliputi vitamin C, beta-karoten, niacin, tiamin, riboflavin, serat, kalsium, fosfor, besi, protein, lemak dan karbohidrat. Buah Gandaria dapat digunakan untuk membuat sirup, manisan, cabai hingga diasamkan. Daunya juga bisa digunakan sebagai sayuran.



4. Menteng

Menteng atau Baccaurea racemosa adalah semak dengan tinggi 25 meter dengan diameter 27 sentimeter, kulit kasar dengan warna putih yang cantik. Daun bertemu lebih banyak di ujung cabang, oval dengan tepi yang tidak beraturan. Buahnya berdiameter sekitar dua sentimeter, berwarna hijau kekuningan atau kemerah-merahan, kulit buahnya hijau dan kekuningan saat matang, buah menteng memiliki rasa pahit.

Pohon Menteng dulu ditanam di halaman, tetapi sekarang sulit untuk menemukannya karena tekanan penduduk dan perkebunan buah pilihan lainnya. Manfaat buah menteng adalah sebagai bahan untuk membuat sirup, juga dibuat sebagai acar. Kayu Menteng memiliki kualitas untuk digunakan sebagai kayu untuk pembangunan rumah, perahu dan perabotan. Selain itu, kulit dan daun digunakan sebagai obat untuk diare dan untuk menstruasi.

5. Kecapi

Dipercaya bahwa kecapi atau buah Sandoricum Koetjape berasal dari Indonesia dan Semenanjung Malaya. Bentuk kecapi bulat rata, sekitar 5-6 cm, kuning atau kemerahan saat matang. Daging luar yang tebal dari buah tidak sulit bercampur dengan kulit, daging buah yang lembut dan berair dari buahnya melekat pada biji.

Buah langka ini mengandung vitamin C, sehingga kecap berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Serat yang terkandung dalam buah harpa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga memfasilitasi buang air besar. Kayu pohon kecokelatan baik untuk bahan bangunan, alat dan kerajinan. Rebusan daun digunakan sebagai obat untuk mengurangi demam.

6. Matoa
Buah yang satu ini sudah termasuk langka. Buah yang masih satu famili dengan buah rambutan ini memiliki rasa yang unik yaitu campuran dari kelengkeng dan durian. Manfaat buah matoa sangat banyak slaah satunya dapat mengurangi tingkat depresi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nussa dan Rara: Tayangan Edukasi Karya Anak Bangsa

"Hai Guys.. Assalamualaikum. Namaku Nussa, dan ini adikku, Rara....".  Sobat embun pasti pernah menonton video satu ini ya. Video ini sangat booming selama sepekan ini, banyak yang penasaran akan sosok Nussa, tapi tidak jarang juga yang sangat gemas melihat karakter sang adik, Rara. Video yang launching pada tanggal 8 November 2018 ini merupakan teaser trailer dari Nussa Official (youtube) yang didedikasikan untuk dunia edukasi anak. Film Nussa dan Rara akan tayang pada tanggal 20 November 2018. Wah.. nggak sabar ya. Oh ya, buat yang belum menonton videonya, kamu bisa menontonnya di akhir tulisan ini ya!


Project garapan dari Ustadzfelix siauwdimas adistathe little giantz4stripe productions ini mampu menarik perhatian youtubers sebanyak 142K subscribers dan 630K viewers hanya dalam kurun waktu 7 hari. Tidak hanya di youtube, teaser trailer Nussa official ini juga sangat ramai diperbincangan warga instagram. Followers akun instagram @nussaofficial sudah mencapai 423K foll…

5 Keutamaan Manfaat Air Embun bagi Tubuh

Setiap pagi hari terlihat dedaunan dan rumput segar dan basah, padahal semalaman langit tidak menghujani tanah. Lalu dari manakah datangnya air pada dedaunan tersebut? Ya, proses pengembunan. Darimanakah datangnya embun serta bagaimanakah proses terjadinya?

Semua orang tahu bahwa embun merupakan uap-uap yang berubah wujud menjadi titik-titik air. Namun, pernahkah terlintas dalam benak tentang "mengapa embun hanya terjadi pada malam hari?". Pada kenyataannya, embun dapat terjadi selain di malam hari.



Sejatinya, pengembunan terjadi pada suhu rendah (dingin). Udara yang ada di sekitar kita ternyata memiliki titik jenuh. Kapan titik jenuh itu muncul? Titik jenuh pada udara muncul ketika udara sudah tidak dapat menampung uap air lebih banyak lagi. Maka dari itu, sebagian uap berubah wujud menjadi titik-titik air.

Pada malam hari, selain merupakan faktor suhu yang lebih rendah dibanding waktu lainnya, pada saat ini pula tidak banyak angin yang berhembus. Akibatnya, uap air akan me…

Pengalaman Interview di PT. Munchy's

Assalamu'alaikum sobat embun.. Kali ini aku mau share tentang pengalamanku tes di PT. Muncy's. Awalnya aku tahu lowongan PT. Muncy's ini dari Website Jobstreet. Pasti tau dong website Jobstreet? Ituloh tempat para jobseeker berkelana di depan laptop dan ponsel. Dari sinilah awal mula kisah panggilan tes dari PT . Munchy's ini dimulai.

Setelah apply di PT. Munchy's via Jobstreet, beberapa hari kemudian HRD-nya email ke aku. Kulihat emailnya sambil berkata "alhamdulillah ada juga yang nyangkut". Eh tapi setelah kubaca lagi kok posisinya beda sama posisi yang ku apply. Jadi ceritanya aku apply di posisi QA (Quality Assurance) Officer, tapi dapet panggilannya bagian QC (Quality Control) Field. Dalam hati "yoweslah dicoba dulu aja, siapa tau rejeki". Isi emailnya standar tapi lengkap, mulai dari tempat-tanggal-orang yang dituju-sampai perlengkapan yang harus dibawa. MANTAP.

Setelah nanya alamat dan patokan arah jalan ke beberapa orang, berangkatlah d…