Bahaya Mengkonsumsi Daging secara Berlebihan - Dianai's Home

Selasa, 24 Juli 2018

Bahaya Mengkonsumsi Daging secara Berlebihan


Bahaya Mengkonsumsi Daging - Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah menyatakan bahwa orang-orang yang makan terutama daging (sapi, ayam, unggas, ikan) berisiko lebih tinggi terkena penyakit kanker. Daging adalah makanan enak dan mengenyangkan. Tetapi makan daging berlebihan juga dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Jadi apa efek dari makan daging yang berlebihan?

Daging mengandung protein hewani dan lemak jenuh, dalam beberapa kasus, senyawa karsinogenik seperti heterocyclic amines (HCAs) dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs). Senyawa berbahaya ini, terbentuk saat memproses atau memasak daging. HCA, misalnya, terbentuk ketika daging dimasak pada suhu tinggi. Sedangkan PAH terbentuk saat pembakaran bahan organik dalam daging. Keduanya diduga meningkatkan risiko kanker.


MENGKONSUSI DAGING SAJA, SEHATKAH?

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperhatikan apa yang kita konsumsi setiap hari. Pastikan Anda tidak melupakan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang menyehatkan tubuh. Untuk daging, ada baiknya tidak mengonsumsi terlalu banyak daging merah dan menggantinya dengan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa hal yang akan terjadi jika Anda hanya mengkonsumsi daging saja, seperti yang ditunjukkan oleh beberapa sumber:


1. . Tidak punya sumber energi

Kebanyakan orang berpikir bahwa daging adalah sumber energi. Padahal, sumber utama energi untuk tubuh adalah karbohidrat. Sesungguhnya, tubuh dapat memperoleh energi dari lemak atau protein yang diperoleh dari daging atau disimpan di dalam tubuh. Sayangnya, ini benar-benar dapat memicu keracunan protein yang dapat membuat kita mual dan diare.


2. Rentan terhadap konstipasi

Karena kekurangan asupan serat, saluran pencernaan tidak akan berfungsi dengan lancar dan pada akhirnya akan menyebabkan konstipasi atau kesulitan buang air besar.
Baca juga:
cara menyimpan daging agar tahan lama


3. Memicu penyakit

Kebiasaan makan hanya daging tidak akan membuat kita mengonsumsi vitamin C. Padahal, vitamin C sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh dalam mencegah timbulnya penyakit dan kulit yang sehat. Kami juga akan cenderung lebih sensitif terhadap berbagai masalah kesehatan, terutama pada kulit seperti kudis. Selain itu, karena sistem kekebalan tubuh melemah, berbagai bakteri dan virus berbahaya dapat dengan mudah masuk ke tubuh dan memicu datangnya penyakit yang tidak bisa dispelekan.